PDIP DKI Minta Puskesmas Ketat Amati Kasus Hepatitis Misterius

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 11 Mei 2022 06:53 WIB
Anggota DPRD DKI Jakarta fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak
Gilbert Simanjuntak (Foto: Dok. DPRD DKI)
Jakarta -

Dinas Kesehatan (Dinkes) melaporkan 3 kasus diduga hepatitis akut misterius. Anggota DPRD fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak meminta agar Puskesmas melakukan pengamatan terhadap gejala hepatitis misterius ini secara ketat kepada warga.

"Sebaiknya pengamatan oleh Puskesmas di wilayah kerja dilakukan ketat. Misalnya bilamana ada dugaan, segera ditindaklanjuti tim surveilans," kata Gilbert kepada wartawan, Selasa (10/5/2022).

Gilbert meminta warga agar waspada terhadap penularan hepatitis akut misterius ini. Dia juga meminta Pemprov DKI Jakarta untuk bersiap diri.

"Melihat gejalanya, memang dugaan dari makanan. Tetapi bukti yang pasti belum ditemukan, walau demikian masyarakat perlu waspada. Dengan jumlah kasus yang ada, apalagi sepulang liburan, kita perlu waspadai dampaknya. Karena itu Pemprov perlu bersiap dalam hal fasilitas, tenaga dan keperluan lainnya," katanya.

Lebih lanjut, Gilbert khawatir penularan hepatitis akut misterius ini bisa dipengaruhi oleh liburan mudik. Namun demikian, dia berharap penularan hepatitis misterius maupun COVID-19 tidak meluas.

"Karena dalam kondisi mudik yang luar biasa ini, perlu ada perkiraan tersendiri terhadap COVID dan hepatitis. Semoga tidak terjadi kenaikan yang mengkhawatirkan," katanya.

Selain itu, Gilbert juga meminta warga untuk melapor ke fasilitas kesehatan jika mengalami gejala hepatitis. Dia menyebut langkah itu demi kebaikan bersama.

"Kita minta warga proaktif untuk kebaikan semua," katanya.

Simak video 'Menkes Ungkap Hepatitis Misterius di Indonesia Ada 15 Kasus':

[Gambas:Video 20detik]