Wagub: Peningkatan Kasus Covid di DKI Usai Libur Lebaran Masih Batas Wajar

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 11 Mei 2022 00:03 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Annisa-detikcom)
Foto: Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Annisa-detikcom)
Jakarta -

Kasus harian positif COVID di Jakarta terjadi peningkatan usai libur lebaran. Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria menyebut peningkatan itu masih dalam batas wajar.

"Ya memang ada peningkatan tapi masih dalam batas kewajaran tentu seperti kita ketahui dalam dua tahun terakhir libur panjang selalu diikuti dengan peningkatan," kata Riza di Kantor Balaikota DKI Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Riza berharap tidak ada peningkatan kasus yang berlebihan. Sejauh ini dia menyebut peningkatan terjadi dalam jumlah yang sedikit.

"Harapan kita tidak ada peningkatan yang berlebihan, kalau misal pun ada sedikit itu masih dalam batas wajar, ya itu harapan kita," ucapnya.

Lebih lanjut, Pemprov juga telah mempersiapkan antisipasi lonjakan kasus setelah libur panjang. Diantaranya, sosialisasi ke masyarakat, melakukan pengawasan, hingga menyiapkan fasilitas kesehatan yang memadai.

"Ya tentu Pemprov seperti biasa menyikapi libur panjang kami selalu melakukan beberapa langkah-langkah, pertama sosialisasi kami terus laksanakan, pengawasan, monitoring, berbagai fasilitas kami siapkan standby termasuk tenaga kesehatan," jelas Riza.

Meski begitu, dia meminta agar masyarakat tetap taat prokes. "Namun demikian yang paling penting kembali ke masyarakat itu sendiri harus laksanakan prokes ketat, disiplin dan bertanggungjawab," sambungnya.

(ain/eva)