Terungkap! Alasan Pengusaha Pecel Lele Hamburkan Uang di Masjid Lamongan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 10 Mei 2022 17:13 WIB
Video pemudik di Lamongan hamburkan uang ke warga
Viral pemudik menghamburkan uang di Lamongan. (Tangkapan Layar)
Jakarta -

Aksi pengusaha pecel lele menghamburkan uang dari atas masjid di Lamongan menyita perhatian. Pengusaha pecel lele menyebut aksinya bukan untuk memamerkan kekayaan, melainkan untuk melestarikan budaya.

Dikutip dari detikJatim, Selasa (10/5/2022), aksi ini sebelumnya dilakukan dari atas serambi masjid Desa Bugoharjo, Kecamatan Pucuk. Tradisi udik-udikan dilakukan sejumlah pengusaha pecel lele yang mudik di Desa Bugiharjo, Lamongan.

Salah satu pengusaha pecel lele Lamongan, Novi Purwo Irawan (36), mengungkapkan, apa yang dilakukan para pemudik di Desa Bugoharjo itu hanya sebatas merawat budaya udik-udikan. Novi mengatakan aksi udik-udikan tersebut bukan untuk sombong.

"Kemarin itu kita urunan dan sebatas merawat tradisi, tidak bermaksud untuk sombong dan bukan bermaksud untuk pamer. Itu hanya untuk menyenangkan warga saja, terutama untuk anak-anak yang kebetulan mau ikut khitanan massal," kata Novi saat dihubungi detikJatim.

Novi menambahkan, saat momen Lebaran, ada ribuan warga rantau asal Desa Bugoharjo yang datang dari seluruh penjuru tanah air. Rata-rata mereka merupakan pengusaha pecel lele.

"Mudik ini adalah bagian tradisi. Jadi ajang untuk kangen-kangenan untuk cerita masa kecil dan juga cerita pengalaman ketika berada di luar daerah dan lain sebagainya," tambah Novi.

Baca berita selengkapnya di sini.

(knv/gbr)