Viral Pengusaha Pecel Lele Hamburkan Uang di Lamongan, Begini Sosoknya

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 10 Mei 2022 16:37 WIB
Pengusaha pecel lele yang viral hamburkan uang
Pengusaha pecel lele yang menghamburkan uang. (Eko Sudjarwo/detikJatim)
Jakarta - Aksi pengusaha pecel lele menghamburkan uang dari atas masjid di Lamongan, viral. Aksi yang kerap disebut udik-udikan ini dilakukan dari atas serambi masjid Desa Bugoharjo, Kecamatan Pucuk. Siapakah pengusaha pecel lele ini?

Salah seorang pengusaha pecel lele Lamongan yang sukses tersebut yakni Novi Purwo Irawan (36). Warga Desa Bugoharjo ini merantau ke Malang sejak 2000.

Sejak kecil, kata Novi, sudah menjadi kebiasaan di desanya untuk merantau ke daerah lain. Hal ini mengikuti saudara-saudara yang sebelumnya juga merantau.

"Selepas lulus sekolah, saya sempat bertahan di desa untuk membantu orang tua sebelum akhirnya merantau dan buka warung pecel lele sendiri di Malang. Kami ikut-ikutan merantau ke daerah lain untuk mengikuti saudara-saudara yang sebelumnya juga merantau," kata Novi seperti dikutip dari detikJatim, Selasa (10/5/2022).

Karena sejak kecil berada di lingkungan yang terbiasa merantau dan punya usaha sendiri, Novi akhirnya juga ikut-ikutan merantau. Ia pun berkeinginan untuk memiliki lapak pecel lele sendiri. Novi mengaku, mereka berjualan pecel lele karena memang tidak punya keahlian lain.

"Kita itu jualan pecel lele karena memang tidak punya keahlian lain. Di desa kita dan saudara-saudara kita dan lingkungan kita itu semuanya pedagang pecel lele dan seafood," ungkapnya sembari tersenyum.

Silakan baca berita selengkapnya di sini. (rdp/knv)