Andi Arief Penuhi Panggilan KPK Lagi Jadi Saksi di Kasus Suap Bupati PPU

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Selasa, 10 Mei 2022 14:38 WIB
Andi Arief
Andi Arief (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief mendatangi gedung KPK Merah Putih, Kuningan, Jakarta Selatan, siang ini. Dia akan dikonfirmasi soal perkara suap yang menjerat Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud.

Pantauan detikcom, di lobi Gedung KPK Merah Putih, Selasa (10/5) pukul 14.00 WIB. Andi Arief terlihat sudah memasuki lobi Gedung KPK Merah Putih menuju resepsionis. Andi Arief tampak tiba sendiri mengenakan kemeja berwarna biru.

Andi Arief terlihat melapor diri kepada resepsionis di bagian Tamu Pemeriksaan. Selang berapa lama, pukul 14.18 WIB, Andi Arief terlihat menuju Ruang Pemeriksaan KPK yang berada di lantai dua.

Plt Jubir KPK Ali Fikri benarkan pemanggilan Andi Arief. Ali menjelaskan sebelumnya Andi Arief telah mengkonfirmasi kehadirannya pada Selasa (10/5).

"Andi Arief memang kemarin nggak bisa diperiksa, tapi yang bersangkutan konfirmasi minta diperiksa hari ini," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan.

Ali menjelaskan pemanggilan Ali sebagai saksi merupakan bagian dari penyelidikan dalam perkara Bupati PPU. Menurutnya, Andi Arief memiliki informasi penting dalam perkara tersebut.

"Tentu ini bagian dari Tim Penyidik terus melengkapi berkas perkara tersangka (Abdul Gafur Mas'ud) AGM, gitu. Karena kami memiliki informasi dan data yang harus dikembangkan," sambungnya.

Dia menjelaskan nantinya KPK akan mengembangkan seluruh keterangan yang dikumpulkan dari Andi Arief. Hasil pemeriksaan Andi akan dibeberkan keseluruhannya dalam proses persidangan.

"Jadi walau demikian, nanti segala informasi dan data bisa kita kembangkan lebih lanjut di proses persidangan. Di sanalah tentu nanti Tim Jaksa akan membuka seluruh hasil pemeriksaan dari saksi-saksi ini," tutup Ali.

Diberitakan sebelumnya, KPK memanggil politikus Partai Demokrat Andi Arief sebagai saksi di perkara suap Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas'ud pada Senin (9/5). Namun, Andi meminta KPK untuk menjadwal ulang pemanggilannya, Selasa (10/5).

"Andi Arief (Swasta/Kepala Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat), tidak hadir dan informasi yang kami terima, yang bersangkutan mengkonfirmasi untuk kembali hadir pada Selasa (10/5) besok," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (9/5).

Mengetahui dirinya dipanggil KPK, Andi bersurat di panggilan keduanya ini. Dia mengaku telah meminta penjadwalan ulang kepada KPK.

"Saya sudah mengajukan surat pemeriksaan ulang, yang harusnya hari ini, namun dijadwalkan kembali," kata Andi Arief dalam keterangannya, Senin (9/5).

Simak juga Video: KPK Dalami Info Dugaan Bupati Nonaktif PPU Bagi-bagi Kaveling di IKN

[Gambas:Video 20detik]




(maa/maa)