ADVERTISEMENT

Jokowi ke Amerika Serikat, Ini Agenda dan Deretan Sosok yang Ditemui

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 10 Mei 2022 14:19 WIB
Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia mengantarkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam melaksanakan kunjungan kerja ke Amerika Serikat untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-US di Washington DC pada 12-13 Mei 2022 mendatang.
Jokowi ke Amerika, Ini Agenda dan Alasan Tak Naik Pesawat Kepresidenan (Foto: Garuda Indonesia)
Jakarta -

Presiden Jokowi ke Amerika Serikat (AS) dalam rangka kunjungan kerja. Namun kunjungannya ke Washington DC ini tak menggunakan pesawat Kepresidenan.

Jokowi didampingi Ibu Iriana Joko Widodo dalam penerbangan menuju Washington DC pada hari ini (10/5) dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Kunjungan Jokowi ini juga didampingi sejumlah pejabat, antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Adapun Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di AS untuk menyiapkan kunjungan kerja Presiden.

Berikut agenda Jokowi ke Amerika serta alasannya tak menggunakan pesawat kepresidenan.

Agenda Jokowi ke Amerika Serikat

Presiden Jokowi bertolak menuju Washington DC, Amerika Serikat untuk melakukan serangkaian kunjungan kerja. Agenda ini berlaku mulai tanggal 11-13 Mei 2022 mendatang.

"Pagi ini, saya dan delegasi akan berangkat melaksanakan kunjungan kerja ke Washington DC dari tanggal 11 sampai 13 Mei 2022," ujar Presiden dalam keterangannya di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, sesaat sebelum lepas landas, dilansir situs resmi Setkab RI.

Adapun berikut agenda yang akan dihadiri Jokowi:

  1. Pertemuan dengan pemimpin ASEAN dan Presiden AS Joe Biden dalam KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS) selama dua hari
  2. Pertemuan dengan anggota Kongres
  3. Pertemuan dengan para CEO besar Amerika
  4. Pertemuan dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika

Presiden Jokowi dan delegasi direncanakan akan kembali ke Jakarta pada 13 Mei malam waktu setempat. Dijadwalkan Presiden akan tiba di Indonesia pada Minggu pagi, 15 Mei 2022.

Alasan Jokowi ke Amerika Tak Naik Pesawat Kepresidenan

Kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Amerika kali ini disorot lantaran tak menggunakan pesawat kepresidenan. Jokowi dan delegasi yang bertolak ke Washington menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono pun menjelaskan alasannya. Salah satu pertimbangannya yaitu karena jarak tempuh yang sangat jauh.

"Perjalanan sangat jauh jika pakai pesawat presiden bisa 2 kali transit. Pesawat presiden hanya muat 48 orang, tim ada 62 orang. Dan jarak sangat jauh," kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, kepada wartawan, Selasa (10/5/2022).

Lebih lanjut, kata Heru, ada tim advance yang akan ikut bersama kembali ke Tanah Air. Menurut Heru, hal itu lebih efisien.

"Dan semua menteri yang ikut bisa satu pesawat PP. Dan tim advance akan ikut kembali bersama pesawat itu sehingga lebih efisien," ujar Heru.

Salah satu agenda Jokowi ke Amerika adalah menghadiri KTT Khusus ASEAN-AS. Berikut pembahasan yang akan disampaikan di Washington DC pada 12-13 Mei 2022 di halaman selanjutnya.

Simak Video: Jokowi Terbang ke AS Untuk Mengikuti ASEAN-US International Summit

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT