ADVERTISEMENT

Hadiri Pelantikan Presiden Korsel, Nama Megawati Disebut dalam Pidato Yoon

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 10 Mei 2022 12:13 WIB
Jakarta -

Presiden RI ke-5 yang juga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menghadiri acara pelantikan Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol. Presiden Yoon disebut sempat menyebut nama Megawati dalam sambutannya.

Dalam keterangan tertulis PDIP, pelantikan Presiden Yoon berlangsung di plaza depan gedung parlemen Korsel di Kota Seoul, Selasa (10/5/2022) waktu setempat. Megawati hadir ke lokasi didampingi Bendahara DPP PDIP Olly Dondokambey bersama istri Rita Dondokambey dan Duta Besar RI untuk Korsel Gandi Sulistyanto.

Megawati mengenakan baju kebaya berwarna merah. Megawati diposisikan duduk di deretan kursi bagian depan.

Selain Megawati, tampak pula Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan, Presiden Singapura Halimah Yacob, Presiden Afrika Tengah Faustin-Archange Touadéra, mantan PM Jepang Yukio Hatoyama serta Douglas Emhoff, suami Kamala Harris yang merupakan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS). Touadéra berada di sebelah kanan Megawati, sementara Emhoff di sisi kirinya.

Deretan kursi Megawati dan yang lainnya itu diapit atau berada di antara kursi yang diduduki oleh Presiden Yoon dan istri serta kursi yang ditempati mantan Presiden Moon Jae In dan istri. Saat memasuki lokasi pelantikan, Megawati melambaikan tangan ke arah sekitar 40 ribu warga dan pejabat Korsel yang mengikuti langsung prosesi pelantikan, yang hadir di halaman gedung parlemen tersebut.

Acara pelantikan Presiden Yoon dimulai sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Presiden Yoon juga sempat berkeliling memberi salam kepada para tamu dan undangan, termasuk kepada Megawati.

Lalu dalam sambutannya, Yoon disebut sempat menyebutkan nama Megawati Soekarnoputri. Dia mengucapkan selamat datang kepada Megawati.

"Saya juga sangat berterima kasih kepada Yang Mulia Ibu Diah Permata Megawati Soekarnoputri," ucap Yoon saat sambutan.

"Yang datang dari luar negeri untuk merayakan kesempatan ini dan tamu-tamu terhormat lainnya atas kehadiran mereka," lanjut Presiden Yoon.

Di dalam pidatonya, Presiden Yoon bicara berbagai isu. Dari masalah domestik Korea, pandemi COVID, hingga isu global, termasuk mengenai hubungan dengan Korea Utara. Presiden Yoon berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan dengan Korea Utara dengan mengedepankan perdamaian.

(maa/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT