Ulama Buya Masoed Abidin Doakan Andre Rosiade Jadi Gubernur Sumbar 2024

Atta Kharisma - detikNews
Selasa, 10 Mei 2022 11:16 WIB
Ulama Sumbar Buya Masoed Abidin
Foto: Istimewa
Jakarta -

Dukungan terus mengalir kepada Anggota DPR RI asal Sumatera Barat (Sumbar) Andre Rosiade untuk menjadi gubernur. Setelah mendapat dukungan dari para kepala daerah, kini giliran ulama besar Sumbar Buya Masoed Abidin yang menyampaikan doanya agar Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) menjadi Gubernur Sumbar 2024.

"Sumbar ke depan harus kita bangun bersama-sama. Menyatukan antara yang muda yang tua. Yang tua-tua ini harusnya mendoakan yang muda. Untuk ke depan, Buya doakan, mudah-mudahan Andre Rosiade menjadi Gubernur Sumbar 2024," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (10/5/2022).

Masoed menilai Andre sudah berbuat banyak untuk masyarakat, baik untuk kampung halaman, daerah keseluruhan bahkan nasional. Perhatian terhadap daerah ini yang menurutnya diperlukan oleh sosok gubernur.

"Kita semua mengharapkan Andre Rosiade tidak menolak dicalonkan jadi Gubernur Sumbar tahun mendatang. Kalau beliau bersedia, Buya doakan menjadi Gubernur masa depan. Aamiin ya Rabbal Alamin," ucapnya.

Masoed menjelaskan saat ini Indonesia sedang menuju masa keemasan (golden age), dan 23 tahun lagi akan genap menjadi satu abad kemerdekaan RI. Menuju masa tersebut, Masoed mengatakan para pemimpin negara harus mulai ditata dari sekarang, dimulai dari daerah.

"Katakanlah Provinsi Sumbar yang selama ini sudah berprestasi. Tetapi ke depan harus memiliki prestasi yang lebih daripada sebelumnya. Baik itu datang dari perintah agama, menyatakan hari esok harus lebih baik dari hari sekarang. Dari sisi pemerintahan dan pembangunan juga begitu, bahwa pemerintahan ke depan harus lebih baik dari pada yang sudah ada," papar Masoed.

"Tetapi kita tidak hanya boleh meniru tapi meningkatkan. Yang baik tetap dikejar lebih baik. Yang kurang baik, harus dihapus. Untuk itu diperlukan para pemimpin generasi muda," sambungnya.

Ia pun bersyukur Sumbar memiliki sosok Andre Rosiade yang muncul sebagai calon pemimpin.

"Alhamdulillah, kalau kita melihat Sumbar hari ini, kita punya generasi muda yang baik. Di antaranya ada Andre Rosiade pada angkatan muda kita lainnya. Kenapa tidak untuk tahun depan kita pilih yang muda ke depan, yang tua mendukung di belakang," imbuhnya.

Masoed juga menegaskan mengangkat generasi muda sebagai pemimpin merupakan langkah untuk memajukan Indonesia di masa depan.

"Ini rasional dan objektif. Objektivitas dan rasionalitas dipentingkan untuk membangun negara. Mudah-mudahan para angkatan muda seperti Ananda Andre rosiade bisa maju untuk memimpin Sumbar masa depan," tutupnya.

Dukungan dari Para Kepala Daerah

Pencalonan Andre Rosiade sebagai Gubernur Sumbar sebenarnya bukan isapan jempol, tapi sudah dalam jalurnya. Dalam Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Gerindra Sumbar bulan Maret lalu, selain kembali mencalonkan Prabowo Subianto sebagai Presiden 2024, nama Andre Rosiade turut dicalonkan sebagai Gubernur Sumbar.

Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman saat membacakan rekomendasi Rakorda menyebutkan sudah menjadi keputusan bulat untuk mengusung dan memenangkan Prabowo Presiden dan Andre Gubernur.

"Mendukung memenangkan pak Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden 2024 dan Andre Rosiade sebagai calon Gubernur Sumbar adalah dua poin utama Rakorda Gerindra yang dihadiri seluruh DPC Gerindra kabupaten dan kota se-Sumbar. Juga dihadiri pengurus organisasi sayap Gerindra," tutur anggota DPRD Sumbar ini.

Sebelumnya, para kepala daerah juga telah menyatakan dukungan kepada Andre untuk maju menjadi Gubernur Sumbar. Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir mengatakan Andre layak menjadi gubernur, terlebih setelah apa yang diperbuatnya untuk pembangunan dan perekonomian Sumbar selama ini. Ia pun menyatakan dukungannya kepada Andre untuk menjadi gubernur.

Hal senada disampaikan Bupati Pasaman Benny Utama. Ia menyebut Andre layak dijagokan sebagai Gubernur Sumbar. Ia mengaku telah memperhatikan Andre dari waktu ke waktu, selalu memberikan perhatian lebih untuk Sumbar, termasuk saat duka Pasaman dan Pasbar akibat gempa bumi.

"Andre Rosiade adalah calon Gubernur Sumbar ke depan. Beliau layak menurut saya. Dengan perhatiannya ke Sumbar. Tidak hanya Pasaman, tapi juga seluruh Sumbar. Tidak berlebihan kalau mengatakan beliau anak muda energik, calon pemimpin Sumbar ke depan," ungkapnya.

Bahkan, Wali Kota Padang Hendri Septa mengaku mendukung generasi muda untuk maju dalam kontestasi politik di Sumbar.

"Andre Rosiade sebagai anggota DPR juga sangat memikirkan kondisi Sumbar. Kenapa tidak, kalau ada peluang menjadi Gubernur. Silahkan saja. Kemungkinan juga ini momentum untuk beliau jadi Gubernur 2024," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Bukittinggi Erman Safar hampir di setiap kesempatan bersama Andre menyatakan dukungannya untuk Andre maju sebagai calon Gubernur Sumbar. Ia menilai Andre sangat layak memimpin Sumbar untuk lebih baik ke depan­nya.

"Kami dukung penuh bang Andre Rosiade jadi Gubernur. Apalagi setiap datang, selalu diteriaki warga untuk maju sebagai Gubernur," katanya.

Dukungan Andre menjadi Gubernur Sumbar juga menggema dari Limapuluh Kota. Bahkan, videonya juga pernah beredar dan viral di Luak Nan Bungsu itu.

Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra menyebutkan pada pemilihan 2024 mendatang wajib untuk meme­nangkan Andre sebagai Gubernur Sumbar teru­tama di Limapuluh Kota.

"Kami siap bekerja keras me­menangkan Prabowo Presiden dan Andre Rosiade sebagai Gubernur Sumbar," kata Deni yang juga ketua DPC Gerindra Limapuluh Kota ini.

Di sisi lain, Andre tetap belum mau menjawab pertanyaan soal Pilkada Sumbar. Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini mengaku masih fokus untuk menyelesaikan tugasnya sebagai anggota Komisi VI DPR RI. Ia pun meminta untuk tidak dulu membahas soal Pilkada.

"Untuk sekarang kerja nyata saja dulu. Kami belum memikirkan soal Pilkada Sumbar, karena masih fokus menjalankan amanah sebagai Anggota DPR RI. Kerja saja dulu, soal Pilkada belum terpikirkan sekarang. Belanda masih jauh. Itu urusan 2024. Kini saatnya menuntaskan amanah sebagai anggota DPR," pungkasnya.

(akn/ega)