ADVERTISEMENT

5 Kali Jokowi Ingatkan Sense of Crisis ke Menteri: Pandemi-Perang di Ukraina

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 10 Mei 2022 08:11 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) lagi dan lagi mengingatkan jajarannya di Kabinet Indonesia Maju terkait kepekaan krisis (sense of crisis) di dalam negeri dalam menghadapi kondisi global. Setidaknya sudah lima kali Jokowi mengingatkan para menteri.

Hal itu disampaikan Jokowi terkait berbagai persoalan dari pandemi COVID-19, naiknya harga bahan bakar, hingga perang di Ukraina.

Berikut momen-momen Jokowi mengingatkan para menteri agar peka terhadap potensi krisis di dalam negeri.

9 Mei 2022

Yang paling baru, Jokowi menyampaikan persoalan krisis berkaitan dengan perang di Ukraina. Dia meminta agar jajarannya memiliki kepekaan tinggi terhadap potensi krisis di dalam negeri.

"Saya ingin ingatkan lagi agar kita semua memiliki kepekaan yang tinggi mengenai krisis yang ada di negara kita dalam menghadapi krisis global," kata Jokowi seperti disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/5/2022).

Hal itu disampaikannya dalam pengantar pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, hari ini. Jokowi mengatakan hal ini terkait kewaspadaan terhadap gejolak ekonomi global.

"Sampai saat ini perang di Ukraina belum berakhir, kelihatannya menunjukkan tanda-tanda yang berkepanjangan sehingga ketidakpastian global menjadi semakin tidak pasti," ucapnya.

"Saya sudah minta kemarin kepada Seskab agar setiap minggu seperti kita lakukan rapat terbatas mengenai PPKM, ini juga sama, urusan pangan, urusan energi harus dilakukan mingguan karena betapa pentingnya pengelolaan 2 hal ini bagi stabilisasi, stabilitas ekonomi kita, utamanya stabilitas harga dan barang pokok rakyat," sambungnya.

Ternyata wanti-wanti Jokowi soal krisis bukan hanya sekali diucapkan. Beberapa kali Jokowi mengingatkan jajarannya soal sense of crisis.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT