Datang Melayat, Cak Imin dan Sandiaga Kenang Lily Wahid Sosok Berintegritas

Muchamad Sholihin - detikNews
Selasa, 10 Mei 2022 01:59 WIB
Cak Imin dan Sandiaga Uno melayat ke rumah Lily Wahid.
Foto: Sholihin/detikcom
Bogor -

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bertakziah ke rumah duka almarhum Lily Khodijah Wahid. Selain Cak Imin, beberapa nama seperti Sandiaga Uno pun hadir di rumah duka.

Dimata Cak Imin, almarhum Lily Khodijah merupakan sosok perempuan tangguh dan punya prinsip. Adik dari Presiden RI ke-4 ini juga disebutnya sebagai sosok penerus para sesepuh.

"Inilah sosok perempuan yang tangguh, yang tidak pernah lelah, punya prinsip, sehingga sama saya kadang-kadang satu barisan, kadang beda barisan. Kadang-kadang seiring sejalan, kadang-kadang keras sama saya," kata Cak Imin ditemui di rumah duka almarhum Lily di Perumahan Kota Wisata, Gunungputri, Kabupaten Bogor, Senin (9/5/2022) malam.

"Itu biasa dalam keluarga kita, dari jaman dahulu antara Mbah Wahab sama Mbah Bisri berbeda pandang, tapi tetap satu tujuan. Karena itu pigur Bu Lily ini kelanjutan dari pigur-pigur para sesepuh kami," imbuhnya.

Cak Imin juga sempat bercerita soal rencana pertemuan yang batal karena suatu hal dengan almarhum Lily Khadijah.

"Sempet telepon-teleponan juga, kemudian janjian ketemu pada saat ramadan, cuma saat itu saya sedang keluar kota kemudian tertunda. Terus mau dekat-dekat lebaran beliau sudah masuk rumah sakit, sudah tidak bisa nengokin," kata Cak Imin.

"Saya yakin beliau husnul khotimah, beliau orang baik. Orangnya punya prinsip, punya sikap, tidak punya rasa takut. Saya punya rasa takut, dia tidak punya secuilpun rasa takut, itu yang harus dipelajari," imbuhnya.

Ditemui di tempat yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno juga menyampaikan belasungkawa yang mendalam. Baginya, almarhum Lily merupakan seorang mentor dan seorang aktivis yang dekat dengan semua kalangan.

"Atasnama Kemenparekraf, Baparekraf dan tentunya atasnama pemerintah sangat berbela sungkawa, sangat kehilangan. Ibu Lily ini aktivis yang dekat dengan semua kalangan. Beliau juga sangat mendorong kewirausahaan. Kami sangat kehilangan, tentunya," kata Sandiaga Uno di rumah duka.

Ia mengenal dekat dengan almarhum Lily Khadijah sejak lama. Sejak masih berada di HIPMI, jelang Kontestasi Gubernur DKI Jakarta hingga pencalonan Presiden RI.

"Saya terakhir makan sama beliau dan beliau menitipkan pesan waktu tahun 2019 saya lagi ikut kontes demokrasi, beliau memberi semangat dan mendorong isu-isu yang berkaitan dengan integritas. Bahwa pemimpin itu harus memiliki integritas," kata Sandiaga.

"Jadi hubungan kita memang baik, lebih kepada sebagai mentor dan anak didik. Ini mudah-mudahan keteladanan beliau dalam menjaga keberagaman, dan pemikiran-pemikiran gusdur ini bisa diteruskan oleh generasi berikutnya," tambahnya.

Simak Video 'Sandi Uno: Saat Pilpres 2019 Lily Wahid Titipkan Saya untuk Jaga Integritas':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)