ADVERTISEMENT

Nama JIS Disorot, Wagub Bakal Cek Aturan Penamaan dengan Bahasa Indonesia

Nahda Rizki Utami - detikNews
Senin, 09 Mei 2022 21:49 WIB
Foto udara umat Islam melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 H di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin (2/5/2022). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Alvin kemudian mengungkit soal penggunaan bahasa Indonesia dalam penamaan Bandara Yogyakarta. Alvin menyebut, sebelum diresmikan, Bandara Yogyakarta menggunakan nama New Yogyakarta International Airport (NYIA) dalam komunikasi publik.

"Sehingga penting untuk mematuhi peraturan perundang-undangan. Saya juga ingat beberapa tahun yang lalu ketika Bandara Internasional Yogyakarta itu belum diresmikan publisitas komunikasi publik oleh pejabat pemerintah selalu menggunakan NYIA, New Yogyakarta International Airport, saat itu saya mengingatkan Menteri Perhubungan terutama agar mematuhi peraturan perundang-undangan sehingga nama resminya adalah Bandar Udara Internasional Yogyakarta walaupun secara informalnya dalam kurung dapat dicantumkan NYIA," kata dia.

Untuk itu, Alvin turut menyarankan JIS juga menggunakan Bahasa Indonesia dalam penamaan stadion. Terlebih kewajiban penggunaan Bahasa Indonesia tercantum dalam undang-undang dan Perpres.

"Demikian juga dengan Stadion Internasional Jakarta kenapa tidak menggunakan bahasa Indonesia walaupun bisa dengan tanda kurung italic Jakarta Internasional Stadium, jangan lupa bahwa stadion ini diperuntukkan untuk warga negara Indonesia yang tentunya lebih fasih Bahasa Indonesia. Jadi lebih baik menggunakan Bahasa Indonesia," katanya.

"Kalau kita sendiri tidak bangga menggunakan bahasa Indonesia, lantas siapa yang akan bangga menggunakan bahasa Indonesia. Kita tidak melarang penggunaan bahasa asing tapi patuhi aturan perundang-undangan terutama yang terkait fasilitas publik, pelayanan publik, dan sebagainya," lanjut Alvin.


(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT