ADVERTISEMENT

Wakasal Ungkap Modus Penyelundupan 179 Kg Kokain yang Digagalkan TNI AL

Zunita Putri - detikNews
Senin, 09 Mei 2022 15:34 WIB
Konpers Penyelundupan Kokain 179 Kg yang Digagalkan TNI AL
Konpers Penyelundupan Kokain 179 Kg yang Digagalkan TNI AL (Tangkapan layar konpers virtual)

BNN Cek Asal Usul Kokain

Sementara itu, Kepala Deputi Pemberantasan BNN RI Irjen Kennedy, yang juga hadir dalam konpers tersebut, mengatakan saat ini pihak BNN masih mencari tahu asal kokain tersebut. Yang jelas, kata dia, kokain itu diduga berasal dari 3 sumber.

"Kami akan mengecek lebih lanjut di lab BNN pusat barang ini dari mana, karena kita tahu sumber barang heroin ini ada 3 sumber kokain atau heroin dari Golden Triangle Myanmar dan sekitarnya, dari Golden Crescent dari Irak dan Pakistan, dan ada Golden Peacock dari Amerika Latin, nanti begitu cek di lab akan tahu barang ini dari mana," jelas Kennedy.

Kennedy juga mengatakan, setelah kokain diteliti, BNN akan melimpahkan kokain itu ke pengadilan. Jika pengadilan menetapkan agar barang tersebut dimusnahkan, BNN dan TNI AL akan memusnahkan barang haram tersebut.

Lebih lanjut, Kennedy juga menjelaskan BNN juga akan melacak apakah kokain ini akan dijual di Indonesia atau sekadar melewati perairan Indonesia. Dia memastikan BNN akan mencari tahu lebih lanjut.

"Kami sedang pelajari ini apa dipasarkan di Indonesia atau negara Indonesia sebagai transit, dan akan dialihkan ke negara lain kami akan tetap pelajari barang ini," pungkasnya.


(zap/hri)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT