Antisipasi COVID-19 Usai Lebaran, Luhut Anjurkan WFH hingga Dua Pekan

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 09 Mei 2022 15:30 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berdialog dengan Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta, Rabu (14/12/2016).
Luhut Pandjaitan (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Masyarakat Indonesia baru saja menjalankan aktivitas mudik Lebaran 2022. Ada potensi peningkatan kasus COVID-19 selepas mudik. Untuk mengantisipasi potensi itu, Luhut Pandjaitan menganjurkan kantor-kantor menerapkan kerja dari rumah (WFH).

"Kita juga menganjurkan untuk work from home satu-dua minggu ke depan ini. Pengaturannya mau 50% atau berapa puluh persen kita serahkan ke kantor," kata Koordinator PPKM Jawa-Bali itu dalam jumpa pers virtual yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/5/2022).

Secara keseluruhan, kondisi kasus COVID-19 di Jawa-Bali tetap perlu diperhatikan. Meski begitu, pemerintah belum mendeteksi lonjakan kurva pandemi seusai musim mudik pekan kemarin.

"Tapi, ini dalam konteks kehati-hatian. Karena, kita selama hampir dua minggu lebih begitu padat, walaupun hari ini kita belum melihat ada angka-angka kenaikan, tapi tetap kami hati-hati, (karena) kita nggak tahu," ujar Luhut yang juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ini.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, usulan WFH seusai mudik Lebaran awalnya disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Selanjutnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo juga mendukung usulan itu demi kelancaran arus balik seusai mudik Lebaran, juga untuk isolasi mandiri dalam suasana pandemi COVID-19 yang belum sepenuhnya berakhir. Namun banyak ASN yang masuk kerja pada Senin (9/5) hari pertama masuk kerja seusai mudik hari ini.

(dnu/dhn)