Luhut: Omicron Terkendali, Tren Kasus Jawa-Bali Turun Signifikan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 09 Mei 2022 15:04 WIB
LUHUT BINSAR PANDJAITAN
Luhut (Ardian Fanani/detikcom)
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kasus Corona varian Omicron saat ini sangat terkendali. Luhut juga membeberkan bahwa tren kasus Corona di Jawa dan Bali turun signifikan.

Luhut awalnya menjelaskan beberapa kabar baik. Salah satunya rawat inap pasien Corona di Indonesia turun hingga 97%.

"Gambaran baik lainnya terlihat pada rawat inap secara nasional yang terus turun hingga 97%, tingkat hunian tempat tidur rumah sakit juga sangat rendah hanya 2% dari keseluruhan bed yang tersedia. Selain itu kasus kematian juga turun hingga 98% yang disebabkan oleh varian Omicron dan positivity rate berada di bawah 0,7%," kata Luhut dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/5/2022).

Luhut mengatakan data tersebut menunjukkan bahwa kondisi kasus Corona varian Omicron di Indonesia terkendali. Luhut meyakini hal tersebut.

"Berdasarkan data yang di atas kami meyakini bahwa kondisi varian Omicron di Indonesia di tengah momen libur Idul Fitri yang lalu hingga saat ini masih sangat terkendali," jelasnya.

Tren Kasus di Jawa-Bali Turun

Selain itu, Luhut memaparkan penurunan kasus Corona di Jawa dan Bali. Dia menyebut kasus Corona di Jawa-Bali menurun hingga 99%.

"Secara khusus untuk wilayah Jawa dan Bali perkembangan pandemi juga terus menunjukkan tren penurunan yang sangat signifikan dalam semua aspek, seperti kasus konfirmasi, rawat inap rumah sakit hingga tingkat kematian di hampir seluruh provinsi Jawa dan Bali hingga hari ini mengalami penurunan kasus mencapai 99% dibandingkan dibandingkan puncak kasus Omicron beberapa waktu yang lalu," katanya.

(lir/tor)