3 Alasan One Way Diakhiri Dini Hari Tadi

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 09 Mei 2022 09:01 WIB
Kebijakan lalu lintas satu arah atau one way dari Km 47 Tol Jakarta-Cikampek ke Km 3+500 Tol Halim sejak pagi terpantau ramai lancar.
Foto ilustrasi Tol Japek: (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Polisi mengakhiri one way arus mudik lebaran 2022 dini hari tadi. Ada tiga alasan utama polisi mengakhiri one way di jalan tol.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan one way diakhiri berdasarkan surat keputusan bersama pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way pada arus mudik dan balik Lebaran 2022. Ada tiga alasan one way dihentikan, salah satunya arus lalu lintas telah berkurang.

"Analisa dan evaluasi dari hasil pengamatan melalui peta digital dan CCTV serta laporan dari anggota di lapangan bahwa arus lalin telah berkurang dan pada posisi normal harian," ujar Gatot kepada wartawan, Senin (9/5/2022).

Selain itu, jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol juga sudah tidak sebanyak hari sebelumnya. Karena itu, polisi menghentikan sistem one way.

"Jumlah kendaraan yang melintas pada ruas jalan tol pada masing masing penggal telah menunjukkan hasil untuk tidak dilakukan kegiatan rekayasa lalin one way," katanya.

"Bahwa dengan berkurangnya kendaraan yang melintas maka akan menambah kecepatan yang dimungkinkan akan terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan fatalitas korban," imbuhnya.

Diketahui, one way diakhiri pukul 02.30 WIB dini hari tadi. Sebelumnya, one way diberlakukan dari arah tol Kalikangkung KM 414 Semarang sampai tol Jakarta-Cikampek dan sebaliknya.

Lihat juga video 'One Way-Contra Flow Tol Japek Berakhir, Lalin Kembali Normal':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/dnu)