ADVERTISEMENT

Tenggelam Saat Ambil Bola di Kali Koang Tangerang, Bocah Ditemukan Meninggal

Khairul Maarif - detikNews
Minggu, 08 Mei 2022 12:02 WIB
ilustrasi
Ilustrasi orang tenggelam.
Jakarta -

Seorang bocah ditemukan tewas tenggelam dan terseret arus di Kali Koang, Kecamatan Karawaci, Tangerang. Peristiwa nahas tersebut terjadi pada Sabtu (7/5/2022) kemarin.

Kepala Kantor SAR Jakarta Hendra Sudirman menyebut insiden itu terjadi saat siang hari sekitar pukul 13.30 WIB. Hendra menyebut korban berinisial MF (8) tenggelam saat hendak mengambil bola yang jatuh ke kali.

Hendra menjelaskan peristiwa nahas ini bermula saat MF sedang asyik bermain bola bersama teman-temannya. Kemudian bola tersebut jatuh ke kali.

Korban lantas berusaha mengambil bola yang tercebur tersebut. Namun tiba-tiba korban terperosok ke kali hingga akhirnya terseret arus.

"Berdasarkan informasi tersebut, Kantor SAR Jakarta kemudian mengirimkan tim rescue menuju lokasi kejadian pada Minggu (8/5) pagi ini dengan peralatan SAR air lengkap. Kami akan lakukan pencarian seoptimal mungkin terhadap korban semoga bisa segera ditemukan," kata Hendra dalam keterangan tertulis, Minggu (8/5).

Dia mengaku melakukan koordinasi dengan unsur SAR gabungan yang ada di lapangan dan membagi area pencarian menjadi tiga. Tim pertama akan melakukan pencarian dengan penyisiran menggunakan perahu karet di sepanjang aliran kali hingga radius 2 km.

Tim kedua melakukan pencarian dengan pengamatan secara visual, menyisir jalur darat hingga radius 1 km. Kemudian tim ketiga melakukan pencarian di bawah permukaan air dengan menggunakan media yang dinamakan Aqua Eye dan Underwater Searching Device dan akan dilakukan penyelaman apabila terdapat objek yang diperkirakan tanda dari korban.

Menurutnya, korban tenggelam di Kali Koang akhirnya ditemukan pada minggu (8/5) siang ini sekitar pukul 10.20 WIB. Tim SAR gabungan menemukan korban dalam keadaan meninggal dunia pada radius 4 km dari lokasi kejadian dan langsung dievakuasi menuju rumah duka yang tidak jauh dari lokasi kejadian.

"Berkat sinergi dari tim SAR gabungan pada siang tadi kita temukan korban dan akan langsung diserahkan kepada keluarga korban untuk proses selanjutnya," tambah Hendra.

Diketahui, puluhan personel SAR gabungan dikerahkan dalam operasi SAR pada hari ini dengan melibatkan unsur seperti Kantor SAR Jakarta, Polsek Jatiuwung, Polsek Cibodas, Damkar Kota Tangerang, dan BPBD Kota Tangerang.

(fca/fca)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT