Kisah Penumpang Alphard Maki Polisi Gegara Pengalihan Arus Berujung Minta Maaf

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 08 Mei 2022 10:47 WIB
Video viral penumpang Alphard maki polisi.
Video viral penumpang Alphard memaki polisi. (Tangkapan Layar)
Jakarta -

Momen emosional terjadi selama arus balik mudik Lebaran 2022. Seorang penumpang mobil Alphard tak bisa menahan emosinya di simpang empat Panyusuhan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, hingga memaki polisi.

Pria bernama Periyanto itu tersebut kesal karena terkena pengalihan arus yang dilakukan polisi.

Peristiwa itu terjadi pada Jumat (6/5/2022), sekitar pukul 11.00 WIB. Kondisi arus lalu lintas sedang macet sepanjang kurang-lebih 12 kilometer, dari jembatan layang Rajapolah sampai ke kawasan Gentong.

Polisi yang berjaga di simpang empat Panyusuhan lalu mendapat perintah untuk melakukan pengalihan arus. Untuk mengurangi volume kendaraan yang masuk Gentong, arus dialihkan belok kiri menuju jalan lintas Ciawi-Singaparna. Dengan harapan pengendara yang dialihkan mengubah rute menuju Bandung via Singaparna-Garut-Bandung.

Pengendara Alphard itu menjadi satu dari ratusan kendaraan yang terkena pengalihan arus ke jalan Ciawi-Singaparna. Rupanya dia tak berkenan menempuh rute yang disarankan polisi.

Dia memutar balik lalu memaksakan masuk ke Gentong. Sampai di simpang empat titik di mana dia dialihkan, rupanya kebijakan pengalihan arus sudah berakhir. Dia naik pitam.

"Hei, polisi, suruh ke sana kita ngantre, suruh ke sana dulu," ucap pria itu dengan diakhiri kata makian.

Tak lama berselang, video rekaman itu menyebar di media sosial. Viral dan menyebar luas di kalangan anggota kepolisian.

Sekitar pukul 13.00 WIB, mobil pria itu kemudian diberhentikan oleh petugas polisi dan TNI di pos Letter U Gentong. Dia diberhentikan untuk diminta klarifikasi. Setelah bertemu dengan Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan, dia akhirnya diperbolehkan melanjutkan perjalanan.

Sementara AKBP Aszhari mengatakan pihaknya sudah saling memaafkan. "Saya bilang kalau anggota saya ada salah ya mohon dimaafkan, dia juga sudah meminta maaf," kata Aszhari.

Dilihat detikJabar, Periyanto mengaku telah terjadi miskomunikasi lantaran pengalihan jalur. Sedianya, pria yang berdomisili di Bogor itu tengah menempuh perjalanan dari Yogyakarta ke Bogor.

"Kami mohon maaf karena tadi ada terjadi sedikit miskomunikasi, pengalihan jalur, terus sedikit ada ketegangan, tapi kami mohon maaf dan kita sudah selesaikan dengan baik, terima kasih," dalam video yang beredar.

Bagaimana dengan pelat nomor polisi mobil Alphard tersebut? Silakan baca di halaman selanjutnya.

Simak Video: Heboh Penumpang Alphard Maki Polantas yang Ternyata Seorang Kapolsek

[Gambas:Video 20detik]