ADVERTISEMENT

Ingat! One Way hingga Km 3 Tol Cikampek Dimulai Pukul 07.00 WIB

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 07 Mei 2022 05:06 WIB
Pemudik terjebak kemacetan di KM 48 Tol Jakarta Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Jalur B One Way terlihat tengah malam ini macet total hingga km 28. Sepanjang Km 48, banyak ditemui sejumlah kendaraan di bahu jalan. Kendaraan itu berhenti di jalur one way sebelah kanan.
Ilustrasi one way Tol Cikampek arah Jakarta (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Pihak kepolisian akan menerapkan rekayasa lalu lintas (lalin) one way arus balik hingga Km 3 Tol Cikampek mulai pukul 07.00 WIB. Polisi akan melakukan sterilisasi pada pukul 05.00 WIB hingga menutup sejumlah pintu tol.

"One way di Km 3 ini memang dijadwalkan besok pagi (ini) jam 7, tadi Cawang ditutup itu untuk mengurangi beban di Karawang Barat, jadi arus masuk nih one way Km 47 dua arah dipakai semua tentu yang dari arah Jakarta ke timur akan dikeluarkan di Karawang Barat, yang di sana masuk yang dari sini keluar, karena antrean di gerbang tol ini panjang maka kita buka tutup di Cawang, sehingga yang ke timur terurai, sehingga antrean tidak terlalu panjang. Ketika penutupan di Cawang ekornya cukup panjang maka kita akan buka kalau sudah lancar kita tutup lagi," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo di Pos Pam Km 3 Tol Cikampek, Jumat (6/5/2022).

Sekitar pukul 05.00 WIB, polisi akan melakukan sterilisasi di jalur Tol Cikampek agar one way hingga Km 3 Cikampek. Polisi menjabarkan titik-titik di tol di sekitar Cawang hingga Bekasi yang akan ditutup.

"Kecuali untuk besok (pagi ini) karena memang one way-nya sampai di depan pos pam ini maka penutupan Cawang akan kita laksanakan selama one way dari jam 5 besok pagi, Cawang di antara Tol Japek maupun Tol Priok yang arah Cikampek, maupun yang Halim ke Cikampek, Jatibening JOR arah Cikampek, dari Cilincing ke Cikampek, semua gerbang Tol Bekasi, Jatiwaringin semua kita tutup, ke arah Cikampek kita tutup, karena kalau nggak adu bagong," kata Kombes Sambodo.

Sehingga, sekitar pukul 07.00 WIB nanti, one way hingga Km 3 Tol Cikampek sudah bisa dilakukan. Titik awal one way yakni dari Tol Semarang.

"Dari Semarang sampai Jakarta, dari jam 7 one way-nya dari jam 5 kita sudah bersihkan, jadi rest area Km 19 sebelum jam 7 dia sudah harus meninggalkan karena kalau nggak nanti dia terjebak dengan arus yang masuk ke Jakarta," ujar Sambodo.

Lebih lanjut, jika kepadatan kendaraan terjadi di Cikampek, diskresi kepolisian one way akan diberlakukan hingga ke Tol Dalam Kota. Hal ini untuk mengurangi kepadatan kendaraan.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan Video 'Penampakan One Way GT Kalikangkung Arah Jakarta Mulai Diterapkan!':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT