One Way di Tol, Korlantas Imbau Warga Mau ke Bandung Lewat Jalur Arteri

Audrey Santoso - detikNews
Sabtu, 07 Mei 2022 02:32 WIB
Kakorlantas cek persiapan arus balik one way Tol Kalikangkung-Cikampek, Kamis (5/5/2022)
Kakorlantas Irjen Firman Shantyabudi (dok. Humas Polda Jateng)
Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menyebut one way arus balik di jalan tol diprediksi akan diterapkan selama 24 jam. Warga yang hendak menuju Bandung diimbau menggunakan jalur arteri.

"Di samping kita tetap mengupayakan mengkomunikasikan ke masyarakat silakan jalur bukan tol. Malam ini kan asumsi kita masyarakat lokal istirahatnya. Artinya jalan bisa jadi lengang silakan manfaatkan yang mau ke Bandung lewat jalan biasa kalau sudah malam begini seperti siang hari ketika masyarakat beraktivitas dengan berjualan dan lain sebagainya," Irjen Firman dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (7/5/2022).

Irjen Pol Firman Shantyabudi meninjau arus balik lebaran di gerbang tol Cikampek Utama, Jawa Barat, Jumat (6/5). Peninjauan itu dilakukan setelah Irjen Firman memimpin pembukaan one way dengan mengendarai mobil patroli dari gerbang tol Kalikangkung, Jawa Tengah.

"Jadi malam ini kita akan terus pantau jam per jam. Kita sudah mulai tadi siang full one way dari KM 414 sampai KM 47 sesuai rencana semula. Jadi di 47 kita kembalikan ke jalur semula. Kita tidak berharap harus sampai dibuka di KM 28 bahkan sampai ke Halim. Itu artinya deras walaupun itu sangat mungkin kita kerjakan," kata Irjen Firman di Cikampek.

Menurut Irjen Firman, pihaknya akan mengevaluasi perkembangan lalu lintas di jalur tol dari timur Jawa menuju Jakarta. Hal itu untuk menentukan keputusan kebijakan selanjutnya.

Lebih lanjut, kata Irjen Firman, kebijakan one way pada arus balik ini diprediksi akan berjalan selama 24 jam hingga Minggu (8/5) nanti. Hal ini mengingat rasio kendaraan pada arus balik lebaran ini berada di atas angka satu.

"Kita akan lihat perkembangan volume kendaraan dari Jawa Tengah, Jawa Barat hingga Cikarang Utama. Apabila tidak memungkinkan kita akan perpanjang," terang Irjen Firman.

"Tapi sepanjang masyarakat tertib rapih, ada ruang di dalam jalan artinya rasionya di bawah satu bisa saja relaksasi satu lajur untuk contraflow. Mohon diikuti perkembangannya," sambungnya.

Simak juga 'Senangnya Pemudik Ini, Ada One Way dari Garut hingga Nagreg':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/rfs)