One Way Arus Balik, 2 Jalur Selepas Km 57 Cikampek Terpantau Padat

ADVERTISEMENT

One Way Arus Balik, 2 Jalur Selepas Km 57 Cikampek Terpantau Padat

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 06 Mei 2022 18:37 WIB
Arus lalin di Tol Km 57 Cikampek arah Jakarta padet (Yogi/detikcom)
Arus lalin di Tol Km 57 Cikampek arah Jakarta padat. (Yogi/detikcom)
Cikampek -

Kebijakan one way arus balik dilakukan dari Tol Kalikangkung Km 414 hingga Km 47 Tol Jakarta-Cikampek sejak tadi siang. Lalu lintas di ruas Tol Cikampek terpantau padat sore ini.

Pantauan detikcom di Km 57 Tol Cikampek, Jumat (6/5/2022), sekitar pukul 18.10 WIB, kepadatan mulai terjadi di dua jalur one way. Jalur kiri one way memang terlihat lebih banyak diisi kendaraan.

Namun, dibandingkan dengan siang tadi, mulai terjadi penambahan kepadatan di jalur kanan one way. Kendaraan dari arah GT Cikampek Utama (Cikatama) Km 70 di jalur kanan one way terpantau mulai meningkat.

Kepadatan di dua jalur ini terpantau terjadi sama besarnya selepas Km 57. Dari atas jalan layang di Km 57, terlihat jalur kanan dan kiri one way disesaki oleh kendaraan yang mengarah ke Jakarta.

Polisi Buka Opsi One Way 24 Jam Nonstop

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan masyarakat tidak perlu menunggu berakhirnya penerapan one way arus balik Lebaran 2022 untuk melakukan mobilitas. Firman mengingatkan rekayasa lalu lintas bersifat situasional sehingga tak dapat dipastikan kapan berakhirnya.

"Saya perlu ingatkan dan perlu sampaikan, khususnya kepada masyarakat yang mungkin terkena dampak dari penerapan one way ini. Mohon sekali lagi pengertiannya. Kita akan bersama-sama di jalan raya, manfaatkan jalur-jalur yang ada," kata Firman di Gerbang Tol Kalikangkung, Jawa Tengah (Jateng), pada Jumat (6/5).

"Secara teknis mungkin saya boleh sampaikan. Apabila rekan-rekan ada yang menuju lokasi-lokasi yang tidak bisa menggunakan jalan tol, silakan manfaatkan waktu sore atau malam hari, di mana masyarakat lokal sudah mulai istirahat, jalan agak cukup lengang," sambung dia.

Firman menyebut pelaksanaan one way dalam rangka arus balik 2022 bisa saja sampai 24 jam nonstop. Bahkan bisa saja one way yang saat ini berlangsung diterapkan hingga lusa atau Minggu, (8/5).

"Jadi tidak usah menggantungkan atau menunggu di pintu-pintu tol yang sementara sedang kami gunakan untuk penerapan one way. Bisa saja pelaksanaan one way ini kami laksanakan terus 24 jam sampai hari Minggu," ungkap Firman.

Firman kembali mengimbau agar masyarakat tidak nekat masuk ruas tol yang sudah jelas-jelas sedang diberlakukan one way arus balik Lebaran 2022. Hal itu, sambung Firman, juga dapat memperparah kepadatan kendaraan arus balik.

"Jadi kami perlu informasikan supaya masyarakat jangan menunggu di depan pintu tol. Di sana tidak ada kepastian. Yang pasti, kita harus tetap menghadapi dinamika ini," tutur Firman.

Simak video 'Imbas One Way Arus Balik, Lalin di Kalimalang Macet':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/drg)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT