Ada Contraflow Km 70-47, Tol Japek Arah Cikampek Macet Pagi Ini

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 06 Mei 2022 10:37 WIB
Kondisi Tol Jakarta Cikampek arah Cikampek macet pagi ini
Kondisi Km 48 Tol Jakarta Cikampek arah Cikampek macet pagi ini. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Kebijakan contraflow dari Gerbang Tol Cikampek Utama Km 70 hingga Km 47 masih diberlakukan pagi ini. Imbasnya, kondisi lalu lintas di Km 48 Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek macet.

Pantauan detikcom di Km 48 Tol Jakarta-Cikampek, Jumat (6/5/2022) sekitar pukul 10.00 WIB, kepadatan kendaraan terlihat di lokasi. Kendaraan dari arah Jakarta ke Cikampek ini memadati ruas jalan.

Kendaraan tampak padat merayap. Sesekali laju kendaraan berhenti akibat kepadatan lalu lintas di lokasi.

detikcom menelusuri ruas jalan Tol Cikampek dari Km 48 ini. Kemacetan masih berlangsung hingga Km 50.

Kendaraan beberapa kali terhenti imbas padatnya kendaraan. Kecepatan kendaraan pun saat ini hanya bisa melaju rata-rata 10 km/jam.

Kendaraan yang mengarah ke Cikampek didominasi mobil berpelat B. Hal serupa ditemui di lajur contraflow. Kendaraan dari arah timur yang mengarah ke Jakarta ini didominasi oleh mobil berpelat B.

Untuk diketahui, polisi melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas tol Jawa untuk mengantisipasi kemacetan pada arus balik Lebaran. Sejak Kamis (5/5) malam, polisi memberlakukan one way mulai Gerbang Tol (GT) Palimanan Utama hingga GT Cikampek.

"Pelaksanaan rekayasa lalin one way akan dibuka pukul 21.30 WIB dari Km 188 GT Palimanan Utama sampai Km 72 (Cikampek)," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Gatot Repli Handoko dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/5).

Gatot menyebut sejak Kamis (5/5) pukul 19.30 WIB, polisi melakukan sterilisasi jalur dan rest area. Proses sterilisasi tersebut akan berlangsung selama dua jam.

Lebih lanjut, Gatot menyebut polisi kemudian akan menerapkan contraflow dua jalur dari Km 72 Cikampek sampai Km 70 Cikampek. Sementara itu, mulai Km 70 Cikampek hingga Km 47 akan diberlakukan contraflow satu lajur.

Hingga pagi ini one way dari Km 188 ke 72 masih berlangsung. Polisi juga telah menerapkan contraflow dari Km 72 ke Km 47 Cikampek.

(ygs/maa)