ADVERTISEMENT

Update Terkini Arus Balik: One Way Full di Tol Berlangsung Besok

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 05 Mei 2022 15:36 WIB
Jakarta -

Polisi memperbarui informasi terkait rencana one way arus balik libur Lebaran 2022 dari Tol Trans Jawa menuju Tol Cikampek hari ini. Dipastikan, one way akan diterapkan penuh, mulai dari Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 ke arah Jakarta besok.

"Saya ingin menyampaikan (kepada para polisi lalu lintas), semangat untuk datang hari ini. Kita melayani kembali sampai masyarakat kembali ke tempat asalnya. Kemarin kita relaksasi, memberikan bukaan 1 lajur untuk contraflow ke arah Jakarta dan itu bisa diselesaikan, alhamdulillah lancar. Oleh karena itu kalau melihat angka yang saya sampaikan tadi, besok itu tidak ada alternatif lain kecuali one way, full," jelas Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi dalam keterangan audio yang diterima detikcom dari Divisi Humas Polri, Kamis (5/5/2022).

Firman meminta kesigapan jajaran Polda Jawa Tengah untuk menyikapi perkembangan arus lalu lintas yang dinamis. Firman juga mengingatkan jajaran Polda Jateng terus berkoordinasi dengan pengelola jalan tol terkait penerapan one way arus balik.

"Namun saya sampaikan, ini perkembangan dinamis. Saya minta jajaran Polda Jateng, kita harus sigap. Terus bekerja sama dengan rekan-rekan pengelola jalan tol untuk buka tutup, ganti-ganti cara bertindak karena dinamika tadi," ujar Firman.

Sebelumnya, Polri merencanakan jadwal one way arus balik dari Tol Palimanan Km 188 hingga Tol Cikampek Km 72 hari ini, mulai pukul 11.00 WIB. Namun hingga saat ini one way tak diterapkan karena arus lalu lintas dinilai ramai lancar.

"Ya belum dimulai, artinya hingga saat ini arus lalu lintas pada ruas jalan tersebut terpantau terkendali, atau belum terlihat kepadatan volume kendaraan yang mengharuskan one way," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko kepada detikcom, siang tadi.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT