Libur Lebaran, Puluhan Ribu Orang Datangi Pantai di Lebak

Fathul Rizkoh - detikNews
Kamis, 05 Mei 2022 13:48 WIB
Pantai di Lebak dipadati pengunjung (Fathul/detikcom)
Pantai di Lebak dipadati pengunjung (Fathul/detikcom)
Lebak -

Sejumlah pantai di Lebak Selatan, Banten, dipadati pengunjung pada libur Lebaran ini. Tempat wisata tersebut sudah dipadati sejak H+1 Lebaran.

Koordinator Balawista (Badan Penyelamat Wisata Tirta) Lebak Selatan Erwin mengatakan pantai masih menjadi tujuan favorit para pengunjung untuk berlibur. Peningkatan jumlah pengunjung di pantai diperkirakan mencapai puluhan ribu orang dari hari biasanya, yang hanya ribuan pengunjung.

"Dari Pantai Bagedur, Pasir Putih Cihara, Pantai Kelapa Warna, Pulau Manuk, Sawarna, ini ada peningkatan sejak H+1 Lebaran. Kira-kira ada puluhan ribu pengunjung berdatangan ke Lebak Selatan," kata Erwin saat dihubungi detikcom, Kamis (5/5/2022).

Erwin menjelaskan pengunjung itu berasal dari Lebak maupun luar daerah. Untuk luar Lebak, rata-rata pengunjung berasal dari DKI Jakarta, Tangerang, Bekasi, Cianjur, dan Serang.

"Bukan lokal saja, dari kota-kota lain juga datang ke Lebak Selatan," tuturnya.

Menurut Erwin, peningkatan jumlah pengunjung ini disebabkan adanya pelonggaran aturan oleh pemerintah. Sehingga, para pengunjung memanfaatkan situasi tersebut.

Selain itu, harga tiket masuk ke pantai Lebak Selatan diklaim masih terjangkau. Harga masuk hanya Rp 5.000 untuk satu orang, sementara harga parkir hanya sekitar Rp 10-20 ribu, tergantung kendaraan menginap atau tidak.

Lebih lanjut, dia memprediksi jumlah pengunjung akan terus meningkat hingga akhir pekan nanti.

"Puncaknya perkiraan hari Sabtu, Minggu ya, bisa mencapai 100 ribu pengunjung ke beberapa tempat wisata. Sawarna saja diperkirakan bisa mencapai 20 ribu lebih di puncaknya nanti," jelas Erwin.

Dia pun mengimbau kepada pengunjung untuk selalu mematuhi aturan yang ada di tempat wisata. Dengan demikian, pengunjung bisa berlibur dengan nyaman dan aman.

"Balawista sudah kami turunkan ke lokasi dibantu juga dengan Polsek dan lainnya. Himbauan juga selalu kami sampaikan, bagi pengunjung agar tidak berenang terlalu jauh ke tengah pantai, pahami batas-batas amannya," imbuhnya.

Informasi yang dihimpun, pengunjung yang akan berlibur ke Lebak Selatan sudah terlihat dari ruas Jalan Raya Simpang Malingping dan dari arah Binuangeun ke Pantai Bagedur. Di ruas jalan tersebut kendaraan roda dua dan empat sudah memadati ruas jalan. Kendaraan tersebut pun terlihat hendak menuju ke sejumlah tempat wisata.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten, memperkirakan akan ada lonjakan jumlah pengunjung di tempat wisata pada libur Lebaran tahun ini. Jumlahnya diperkirakan mencapai 500 ribu pengunjung.

"Untuk libur Lebaran, mulai tanggal 6-8 Mei di keseluruhan destinasi wisata ada 300-500 ribu pengunjung. Jumlah itu nggak diklasifikasi dari lokal dan luar Lebak, jadi keseluruhan," kata Kepala Bidang Destinasi Wisata pada Disbudpar Lebak Usep Suparno kepada detikcom dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (23/4).

Simak juga 'Tak Kuat Terjebak Macet ke Puncak, Pengendara Pilih Putar Balik':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/drg)