Jukir Pasar Andir Getok Parkir Rp 20 Ribu Bareng Ormas, Duitnya ke Mana?

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 04 Mei 2022 15:35 WIB
Karcis parkir mobil di Pasar Andir, Kota Bandung senilai Rp 20 ribu yang viral di medsos. (Foto: dok IG @infobandungkota)
Foto: Karcis parkir Rp 20 ribu di Pasar Andir, Bandung (Dok. Istimewa)
Jakarta - Viral juru parkir (jukir) di Pasar Andir, Kota Bandung mematok tarif parkir Rp 20 ribu untuk satu kendaraan. Padahal, dalam karcis itu, tertera jika tarif kendaraan bermotor Rp 6 ribu per jam. Ke mana duitnya mengalir?

"Uang setorannya nggak masuk ke kita, karena itu dikelolanya sama oknum ormas di sana," kata Kepala UPT Parkir Dishub Kota Bandung Yogi Mamesa kepada detikJabar via telepon, Rabu (4/5/2022).

Yogi menjelaskan, warga dan ormas di Bandung memang kerap ingin terlibat dalam kegiatan parkir menjelang lebaran. Menurutnya, hal tersebut dilakukan demi membantu perekonomian warga di daerah itu.

Yogi menyebut hal itu sudah menjadi tradisi. Namun, dia menegaskan tidak boleh ada kenaikan tarif parkir di luar ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Jadi itu (parkir dikelola warga dan ormas) dulu sudah tradisi, sebelum Lebaran biasanya pengin ikut terlibat. Tapi tarifnya normal, sudah ditentukan sama kita dan tidak semena-mena seperti itu," tegasnya.

Yogi memastikan akan mengumpulkan para koordinator parkir, termasuk warga dan ormas supaya peristiwa itu tak terulang lagi. Pasalnya, kata Yogi, yang terpenting adalah adanya pemasukan untuk PAD Kota Bandung sekaligus bisa membantu perekonomian warga.

Simak selengkapnya di sini.

Saksikan juga 'Mau Pada Silaturahmi? Pahami Aturan Parkir Agar Tak Mengganggu':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/imk)