Anies Ungkap Revitalisasi Pasar Gembrong yang Terbakar Dimulai Pekan Depan

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 04 Mei 2022 10:09 WIB
Anies Baswedan saat meninjau TKP kebakaran Pasar Gembrong (Wilda-detikcom)
Anies Baswedan saat meninjau TKP kebakaran Pasar Gembrong (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan revitalisasi Pasar Gembrong, Jakarta Timur (Jaktim), yang terbakar mulai dilaksanakan pekan depan. Revitalisasi akan berlangsung secara estafet dengan melibatkan semua pihak.

"Insyaallah pengerjaan revitalisasi kawasan ini segera dilaksanakan secara estafet mulai minggu depan, dengan menggelar koordinasi serta kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak, mulai Basnas Bazis DKI, Forkompimda, perwakilan warga, juga pihak swasta," kata Anies dalam keterangan yang disampaikan melalui Instagram resminya @aniesbaswedan seperti dilihat Rabu (4/5/2022).

Anies menuturkan revitalisasi bangunan akan menyesuaikan dengan kontur kawasan. Anies menyebut nantinya akan ada sejumlah peralatan pemadam api ringan.

"Revitalisasi ini akan mengedepankan bangunan yang sesuai dengan kontur kawasan, memenuhi ketersediaan peralatan pemadam api ringan, ramah lingkungan, dan sesuai dengan kebutuhan warga. Dengan demikian, warga yang terdampak kebakaran dapat kembali menempati hunian yang lebih baik," tuturnya.

Anies menyampaikan Pemprov DKI Jakarta juga akan melakukan pendampingan edukasi kepada warga terkait konsep lingkungan sehat dan asri. Anies berharap warga yang terdampak nantinya bisa memiliki kebiasaan hidup baru, terutama dalam mencegah dan menanggulangi terjadinya kebakaran.

"Selain melakukan revitalisasi fisik bangunan, ke depan kami juga akan mendampingi warga untuk memahami konsep lingkungan yang sehat dan asri. Seperti sanitasinya, pencahayaan, ketersediaan sumur resapan, mitigasi kebencanaan dan faktor manajemen lingkungannya. Sehingga, saat mereka menempati kawasan yang sudah direvitalisasi, mereka memiliki gaya hidup dan kebiasaan baru, khususnya untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali," imbuhnya.

Seperti diketahui, kebakaran hebat melanda Pasar Gembrong, Jakarta Timur, pada Minggu (24/4). Pemadam kebakaran mencatat jumlah korban jiwa sebanyak 450 keluarga atau sekitar 1.000 jiwa.

"450 KK, 1.000 jiwa (5 RT) terdampak," kata Kasiops Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaiman dalam keterangannya, Senin (25/4).

Kebakaran hebat itu menghanguskan 400 bangunan rumah dan pertokoan di 5 RT di RW 01. Kerugian ditaksir mencapai Rp 1,5 miliar.

Dugaan sementara, kebakaran Pasar Gembrong disebabkan korsleting listrik yang berasal dari rumah warga.

Simak Video 'Janji-janji Anies untuk Pedagang Korban Kebakaran Pasar Gembrong':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/imk)