Giliran Wanbin PSI Bersuara Usai Anies Disindir 'Orang Yaman'

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 04 Mei 2022 07:00 WIB
Raja Juli Antoni
Foto: Raja Juli (Ari Saputra)
Jakarta -

Baliho bergambar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat viral karena disindir oleh pemuda yang menyebutnya sebagai 'orang Yaman'. Kini, giliran Dewan Pembina (Wanbin) DPP PSI yang bersuara mengenai sindiran kepada Anies itu.

Adalah Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni yang bersuara soal sindiran Anies 'orang Yaman'. Raja menyuarakan tanggapannya melalui cuitan di akun media sosialnya.

Tegaskan Anies Pribumi Seperti Ahok

Raja menegaskan Anies Baswedan, Najwa Shihab, hingga Tsamara Amany merupakan warga negara Indonesia (WNI). Raja menyebut ketiganya juga merupakan pribumi seperti Ahok.

"Anies Baswedan, Tsamara Alatas, Najwa Shihab bukan 'orang Yaman'. Mereka warga negara Indonesia. Mereka 'pribumi' seperti Ahok, Grace Natalie, William Sarana," kata Raja Juli di media sosialnya yang dibagikan kepada wartawan, Kamis (3/5/2022).

Ajak Memahami Konsep Warga Negara

Raja Juli mengajak seluruh pihak memahami konsep warga negara. Pemahaman terhadap warga negara dinilai akan menghindari cara berpikir yang mengaitkan Anies hingga Tsamara dengan 'orang Yaman'.

"Konsep nation-state landasannya citizenship yang mengatasi identitas suku dan agama," ujar Raja Juli.

"Bisa kita mulai berpikir begini usai puasa?" imbuhnya.

PSI DKI Bela Anies

Diketahui, video pemuda berkaus kuning menyindir baliho gambar Anies Baswedan dengan 'orang Yaman' pernah viral di media sosial. Ketua DPW PSI Jakarta Michael Victor Sianipar menyinggung cara menilai orang berdasarkan ide dan gagasan.

"Keliru! Gubernur Anies itu adalah orang Indonesia. Kita harus sudahi perpecahan, dan PSI tegas menolak rasisme oleh siapa pun kepada siapa pun. Menilai seseorang harus bicara ide dan gagasan," kata Michael, dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/5).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...

Saksikan juga 'Soal Interpelasi Formula E, PSI: Fokus ke Dana Rp 560 M, Bukan Balapan':

[Gambas:Video 20detik]