Peziarah Ramai Datangi Makam Habibie-Ainun di TMP Kalibata

Mulia Budi - detikNews
Selasa, 03 Mei 2022 13:39 WIB
Para peziarah bergantian berfoto di makam Habibie-Ainun (Mulia-detikcom)
Para peziarah bergantian berfoto di makam Habibie-Ainun (Mulia/detikcom)
Jakarta -

Peziarah berdatangan ke makam Presiden RI ke-3 BJ Habibie dan istrinya, Ainun, di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. Para peziarah mengaku kagum akan sosok Habibie.

Salah satu peziarah, Indah (54), mengatakan Habibie dan Ainun merupakan sosok yang menginspirasi. Dia mengaku kagum atas kisah cinta Habibie dan Ainun.

"Soalnya sangat menginspirasi banget ya karena kan mereka berdua itu sampai benar-benar maut memisahkan," kata Indah di TMP Kalibata, Selasa (3/5/2022).

Dia mengatakan Habibie merupakan sosok pria setia. Dia mengatakan Habibie dan Ainun baru dipisahkan oleh maut.

"Terus habis itu Pak Habibie kan sebagai orang Makassar kan image-nya harus punya istri lebih dari satu tapi beliau kan melawan adat istiadatnya juga kan. Jadi sampai meninggal kan tetap tunggal istrinya ya cuma satu Ibu Ainun itu. Dua-duanya kan emang sangat menginspirasi," katanya.

Indah mengatakan ini merupakan kali pertama dirinya berziarah ke makam Habibie-Ainun. Dia pun mengabadikan momen tersebut dengan berfoto di makam Habibie-Ainun.

"Iya (baru pertama kali foto ini), soalnya saya kalau ke sini langsung ke makamnya bapak jadi nggak pernah mampir-mampir. Mungkin masuk IG (Instagram)," tuturnya.

Para peziarah bergantian berfoto di makam Habibie-Ainun (Mulia-detikcom)Para peziarah bergantian berfoto di makam Habibie-Ainun. (Mulia/detikcom)

Peziarah lainnya, Heriyati (60), juga mengaku sangat mengagumi sosok Habibie. Dia mengaku senang bisa berziarah sekaligus berfoto di makam Habibie-Ainun.

"Sangat kagum, ya karena seorang pembesar di Indonesia ya jadi ibu sangat mengaguminya. Sangat berkharisma ya karena seorang pembesar. Senang sekali (bisa foto)," ujar Heriyati.

Peziarah lainnya, Asri (38), mengaku sengaja berfoto di makam Habibie dan Ainun. Dia merasa senang bisa berfoto di makam sosok yang dikaguminya.

"Ingin saja foto di makamnya Pak Habibie, belum sempat ketemu pas waktu masih hidup, jadi kan ke makamnya sekalian nyekar," kata Asri.

Asri mengatakan dirinya mengikuti kisah Habibie dan Ainun selama keduanya masih hidup. Dia mengaku kagum akan kepandaian dan sumbangsih Habibie untuk Indonesia.

"Ngikutin, ya karena kagum sama orangnya terus kepandaiannya dia, terus untuk memajukan Indonesia dia juga membantu kan di sini. Kedua kali kalau aku (foto di makam Habibie-Ainun), tahun kemarin, setiap tahun nggak pernah bosan," tuturnya.

Simak juga 'Intip Suasana TPU Karet Bivak di Hari Raya Idul Fitri yang Ramai Peziarah':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)