ADVERTISEMENT

Jokowi Saat Lebaran: Kita Masih Perang Lawan Pandemi, Semua Berharap Menang

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 02 Mei 2022 09:09 WIB
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat dalam merayakan Idul Fitri 1443 H. Dalam merayakan kegembiraan Lebaran 2022, Jokowi mengingatkan tak kendur protokol kesehatan (prokes).

Hal itu diunggah Jokowi di akun resmi Instagramnya, Senin (2/5/2022). Unggahan Jokowi itu menampilkan sebuah video ilustrasi yang menggambarkan warga melakukan mudik hingga merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

"Hari ini, kita merayakan kemenangan seusai sebulan berpuasa, menahan lapar dan haus, serta mengekang hawa nafsu. Perayaan itu lebih berarti karena tahun ini kita diperbolehkan untuk mudik dan berlebaran bersama keluarga dan handai tolan di kampung halaman," kata Jokowi.

Harapan Jokowi kegembiraan momen Idul Fitri tetap juga menjaga kewaspadaan terhadap pandemi. Sebab, menurut Jokowi, saat ini seluruh pihak harus memenangi perang lawan pandemi.

"Saya berharap kegembiraan itu tidak mengurangi kewaspadaan kita untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Kita masih menghadapi perang melawan pandemi, dan kita semua berharap untuk memenanginya," tulis Jokowi.

Presiden Jokowi beserta keluarga sebelumnya menunaikan salat Idul Fitri 1443 H di Yogyakarta. Jokowi salat Id di Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta.

Persiapan salat Id di kompleks Gedung Agung sudah mulai dilakukan sejak pukul 05.30 WIB. Sementara itu, Jokowi beserta keluarganya melaksanakan salat Id di Gedung Agung tepat pukul 06.32 WIB.

Tak hanya itu, masyarakat juga tampak diperbolehkan bergabung bersama Jokowi untuk salat Id di Gedung Agung. Sementara itu, beberapa masyarakat lain melaksanakan salat Id di trotoar sekitaran kompleks Gedung Agung.

Salah satunya yang antusias mengikuti salat Id di dalam Gedung Agung adalah Wiwit (50). Warga Jumbo Bumijo, Kota Yogyakarta, ini datang sendirian sejak pukul 06.00 WIB untuk bisa ikut salat Id.

"Infonya Pak Jokowi mau salat Id di sini (Gedung Agung). Jadi saya pengin ikut salat bareng Pak Jokowi. Saya dari Bumijo. Kalau keluarga yang lain salat Id di dekat rumah," kata Wiwit.

(rfs/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT