ADVERTISEMENT

AS Menentang Kehadiran Putin di G20, Pakar RI: Tidak Fair!

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 02 Mei 2022 06:22 WIB
Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana dalam diskusi Warga Tanpa Warga Negara di kantor Para Syndicate, Jakarta, Jumat (19/8/2016)
Foto: Guru besar UI Hikmahanto Juwana (Ari Saputra)

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin akan menghadiri KTT G20 di Indonesia. Amerika Serikat menegaskan Presiden AS Joe Biden tetap menentang kehadiran Putin di KTT G20.

"Presiden Joe Biden telah menyatakan secara terbuka penentangannya terhadap Presiden Putin yang menghadiri G20. Kami menyambut baik kehadiran Ukraina," ujar Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki, seperti dilansir dari AFP, Sabtu (30/4).

"Kami telah menyampaikan pandangan kami bahwa kami tidak berpikir mereka harus menjadi bagian dari itu secara publik dan pribadi," sambungnya.

Selain itu, Jen Psaki mengatakan AS dengan Indonesia memang memiliki hubungan. Dia turut menyinggung bahwa undangan Indonesia ke Rusia untuk menghadiri KTT G20 sudah dikirim sebelum Rusia menginvasi Ukraina.

Sementara itu, Jubir Departemen Luar Negeri Jalina Porter menyatakan Amerika Serikat tidak akan pernah bisa bersikap seperti biasanya lagi dengan Rusia di panggung internasional.

Porter enggan berkomentar apakah Amerika Serikat akan menghadiri KTT G20 di Bali.


(drg/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT