Kakorlantas Prediksi 30 Ribu Orang Akan Mudik Lewat Tol Japek Hari Ini-Besok

Wildan Noviansah - detikNews
Minggu, 01 Mei 2022 12:58 WIB
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi memprediksi masih tersisa 30 ribu orang yang belum mudik dari Jakarta pada H-1 Lebaran ini. Dia memperkirakan 30 ribuan orang itu akan mudik melewati Jalan Tol Jakarta Cikampek hari ini dan besok.

Firman menyampaikan hal itu saat ditemui di Command Center PJR di Km 29 Tol Cikampek. Dia mengatakan pihaknya akan melakukan rekayasa contraflow untuk memfasilitasi pemudik yang masih belum berangkat.

"Dari prediksi, sisa tinggal 30 ribu. jadi kemarin padat 85 ribu, itu yang sampai Cipularang tersendat. Selanjutnya 115 ribu. Awalnya pagi 105 ribu, itu pakai contraflow bisa kita kuras," kata Firman kepada wartawan, Minggu (1/5/2022).

Firman memastikan nantinya sebanyak 30 orang itu bisa ditampung di Jalan Tol Jakarta Cikampek secara normal.

"Nah dari angka itu kita lihat ada 30 ribulah. 30 ribu masih bisa ditampung pakai jalur normal," kata dia.

Lebih lanjut, Firman berbicara terkait hasil evaluasi arus mudik beberapa hari kemarin. Atas evaluasi itu, dia menyebut biasanya pemudik akan keluar di jam-jam tertentu, salah satunya setelah waktu berbuka puasa.

"Kita mempelajari tentang kebiasaan, seperti tadi malam kita juga membaca peta bahwa setelah buka puasa setelah salat tarawih, setelah salat subuh itu yang naik, itu kemarin. Jadi kalau pun kita ikuti sekarang berarti nanti setelah buka puasa, artinya malam takbiran, itu jalan," kata dia.

Karena itulah, dia memperkirakan para pemudik yang tersisa masih akan keluar besok Senin (2/5) setelah melaksanakan salat Idul Fitri.

"Kita tetap akan monitor sampai besok pagi. Besok paginya setelah salat Id. Karena ada orang yang nggak mau macet di jalan, jadi setelah salat Id saja," jelasnya.

"Tapi informasi ini penting, masyarakat yang memilih berangkat sebelum Idul Fitri sudah kita layani kemarin beberapa hari ini dengan contraflow yang bisa membantu masyarakat kelancaran menuju arah timur," lanjut dia.

(maa/maa)