ADVERTISEMENT

Mudik Update by SHARP

Pantauan Udara H-1 Lebaran: Tol Cikampek Lengang

Yogi Ernes - detikNews
Minggu, 01 Mei 2022 12:16 WIB
Pantauan udara Tol Jakarta-Cikampek pada Minggu (1/5/2022).
Pantauan udara Tol Jakarta-Cikampek pada Minggu (1/5/2022). (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Kondisi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek mulai lengang. Tidak tampak kepadatan kendaraan pada H-1 Idul Fitri 1443 Hijriah atau Lebaran.

Pantauan detikcom dari udara, Minggu (1/5/2022), ruas Tol Jakarta-Cikampek cenderung sepi. detikcom ikut bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk pemantauan kondisi lalu lintas dengan menumpang helikopter.

Sekitar pukul 10.45 WIB, tampak pemandangan yang berbeda dari hari kemarin di jalan layang Tol MBZ. Seperti diketahui, kemarin sempat terjadi kemacetan akibat kepadatan kendaraan pemudik.

Kondisi lalu lintas yang sama juga terjadi di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek. Jarak kendaraan satu dan lainnya pun terlihat jauh.

Memasuki wilayah Karawang, tepatnya di atas rest area Km 57, antrean kendaraan yang hendak parkir tak lagi terlihat. Pengunjung rest area tak seramai beberapa hari lalu.

Kondisi ini berbeda dibanding puncak arus mudik pada Sabtu (30/4) atau Jumat (29/4). Di mana beberapa hari lalu Tol Japek sempat mengalami macet parah di ruas tol Cikampek arah Trans Jawa.

One Way ke Kalikangkung Berakhir Siang Ini

Polri menyampaikan rekayasa lalu lintas one way di Km 70 Tol Cikampek hingga Km 414 GT Kalikangkung akan diakhiri. Hal ini disebabkan volume kendaraan terpantau normal.

"Pada pukul 12.00 WIB akan dilakukan penutupan rekayasa lalin one way sekaligus pelaksanaan penormalan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Dedi menjelaskan keputusan mengakhiri rekayasa lalu lintas didasari beberapa hal. Pertama adalah pantauan arus oleh anggota polisi lalu lintas (polantas) di lapangan, CCTV NTMC, dan Command Center PJR, juga peta digital.

"Berdasarkan pemantauan arus lalu lintas oleh anggota di lapangan dari arah barat menuju ke timur (jalur mudik), pantauan melalui CCTV baik di NTMC maupun di Command Center PJR, dan melihat dari peta digital arus lalin," jelas Dedi.

"Hasil koordinasi dengan pihak Jasa Marga, bahwa arus lalin cukup normal," imbuh Dedi.

Simak Video: Penampakan Padatnya Tol Cikampek Jelang Lebaran

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT