ADVERTISEMENT

Pendapatan Naik 20 Persen, Porter di Stasiun Gambir Rela Tak Mudik

Anggi Muliawati - detikNews
Minggu, 01 Mei 2022 10:16 WIB
Agus, porter di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.
Agus, porter di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Suasana di Stasiun Gambir tampak lebih ramai dari hari-hari sebelumnya. Hilir mudik orang dengan tas besar serta koper menjadi pemandangan pada pagi hari ini.

Mudik menjadi salah satu yang paling dinantikan oleh masyarakat. Seperti halnya Agus (24), yang merupakan seorang porter di Stasiun Gambir.

Agus mengaku pendapatannya meningkat pada mudik tahun ini. Dia mengaku kenaikannya kurang-lebih 20 persen dari pendapatan biasa.

"Pendapatannya kalau Lebaran pasti meningkat karena penumpangnya makin ramai. Kalau dibanding hari biasa setengahnyalah," kata Agus di Stasiun Gambir, Minggu (1/5/2022).

Meski begitu, menurut pria yang sudah tiga tahun bekerja sebagai porter ini, pendapatan tersebut masih jauh jika dibanding pendapatan saat sebelum pandemi. Ketika 2019, Agus mengaku mengalami peningkatan pendapatan sekitar 30 persen saat mudik Lebaran.

"Lebih tinggian yang dulu, sebelum pandemi sekitar 30 persen (kenaikan pendapatan)," katanya.

Pendapatan yang naik membuat Agus, warga Semarang, Jawa Tengah, mengaku rela tidak mudik. Menurutnya, sangat disayangkan jika dirinya memilih mudik di saat pendapatan sedang meningkat.

"Ya gimana ya, soalnya ramai juga kalau mudik. Sayang, terus di sini gimana ya, rame juga nggak enak kalau ditinggal. Soalnya gimana ya pendapatan naik, bukan demi uang sih ya, tapi kebutuhan sih," katanya.

Meski begitu, Agus tak menampik ingin merasakan suasana mudik seperti yang lain. Dia menyebut usai Lebaran akan ada cuti pengganti.

"Sebenarnya pengen mudik, mudik kan setahun sekali, nggak mudik nggak enak, orang tua masih ada, tapi kan gimana lagi," tuturnya.

(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT