Wisata ke Pantai Carita Via Pandeglang, Hati-hati di Tanjakan Bangangah

ADVERTISEMENT

Wisata ke Pantai Carita Via Pandeglang, Hati-hati di Tanjakan Bangangah

Aris Rivaldo - detikNews
Sabtu, 30 Apr 2022 17:46 WIB
Tanjakan Pangangah Pandeglang
Tanjakan Bangangah (Aris Rivaldo/detikcom)
Pandeglang -

Tanjakan Bangangah merupakan jalur alternatif menuju Jiput, Menes, Labuan, dan objek wisata Pantai Carita dari Pandeglang, Banten. Saat melewati tanjakan Bangangah, pemudik atau wisatawan diminta tetap berhati-hati.

Tanjakan Bangangah, yang terletak di Kampung Kadu Hileud, Desa Banjarwangi Pulosari, merupakan salah satu tanjakan ekstrem di Pandeglang. Tanjakan Bangangah memiliki sudut ketinggian yang curam dengan panjang lintasan kurang lebih 500 meter. Tidak jarang di tanjakan tersebut sering terjadi kecelakaan lantaran kendaraan tidak kuat menanjak.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat melewati tanjakan Bangangah, Kapolsek Pulosari Iptu Erwin Heryadi mengimbau kepada pemudik untuk memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan aman.

"Cek kendaraan lebih dahulu," katanya kepada detikcom, Sabtu (30/4/22).

Setelah kondisi kendaraan sehat dan layak jalan, Erwin mengimbau pemudik atau wisatawan untuk tidak membawa muatan yang melebihi kapasitas.

Tidak hanya itu, ia menegaskan, pengemudi yang akan melewati tanjakan Bangangah diminta tidak menggunakan gigi yang besar. Menurutnya, kejadian mogok di tengah-tengah tanjakan dan kecelakaan karena sering menggunakan gigi besar.

"Pada saat melewati tanjakan Bangangah, usahakan jangan pakai gigi yang besar. Lebih baik pelan, gigi yang kecil kita sampai," paparnya.

"Jangan sampai ada kejadian seperti tahun-tahun kemarin. Kendaraan besar nyampe tengah baru oper ke gigi satu. Dari situ rata-rata terjadi kecelakaan," tambahnya.

Pada saat turun dari tanjakan, dikatakan Erwin, jangan sampai menggunakan gigi besar. Sebab, kata dia, jika menggunakan gigi besar, akan susah untuk melakukan pengereman, apalagi jika muatan cukup banyak.

"Minimal menggunakan gigi dualah untuk mobil kecil pada saat naik dan turun," ungkapnya.

Pada saat mudik Lebaran 2022, satuan Kepolisian Sektor (Polsek) Pulosari akan berjaga 24 Jam. Hal itu dilakukan untuk mengatasi hal-hal terjadinya kecelakaan.

"Kita siapkan anggota dari bawah begitupun di atas. Antisipasi buat turunan kalau dari atas, dari bawah antisipasi untuk tanjakan," katanya.

(lir/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT