ADVERTISEMENT

Cerita Warga BSD Mudik ke Surabaya 20 Jam di H-3 Idul Fitri 2022

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Sabtu, 30 Apr 2022 16:28 WIB
Macet tol
Foto: Suasana macet di Tol Japek. Dokumentasi: Dedik Foniawan.
Jakarta -

Seorang warga asal BSD, Tangerang Selatan bernama Dedik Foniawan menceritakan pengalaman terkena macet panjang saat mudik ke Surabaya, Jawa Timur. Dedik mengaku menghabiskan waktu 20 jam untuk bisa pulang ke kampung halamannya.

"Saya start dari Jakarta (tepatnya Serpong BSD tujuan Surabaya) start hari Jumat, 29 April 2022 jam 06.00 WIB sampai Surabaya 01.00 WIB, dini hari atau total 20. Waooohh luar biasa, gila, dan pasrah," kata Dedik kepada detikcom, Sabtu (30/4/2022).

Padahal, di waktu normal atau di luar masa mudik lebaran, Dedik hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 jam untuk tiba di Surabaya. Diketahui, jarak yang ditempuh Dedi dari BSD ke Surabaya sekitar 815 km.

"Jarak BSD-Surabaya adalah 815 km, rata-rata normal dengan standar istirahat cukup 10-12 jam," kata Dedik.

Dia merasakan perjalanan mudiknya kali ini terasa sangat panjang. Mulanya Dedi terdampak aturan one way di Tol Jakarta-Cikampek tepatnya di km 47.

"Efek one way di 47 menyebabkan kemacetan panjang kurang lebih 10-15km sebelum masuk one way," ujarnya.

Setelah itu, kemacetan juga terjadi di area Km 97 hingga Km 127 Tol Japek. Dia mengatakan banyak kendaraan yang berpindah dari lajur normal menuju lajur one way.

Macet Parah Setelah Tol Kalikangkung

Kepenatan Dedik belum selesai, kemacetan juga terjadi kala dia keluar dari Tol Kalikangkung, Semarang. Kemacetan di area ini disebut Dedik merupakan macet yang paling parah.

"Pasca Kaliklungkung Semarang ini tambah gila! Dari 6 jalur lebih, beralih ke 3 jalur lalu 2 jalur arah Solo atau Surabaya. Rata-rata kita sampe pintu Tol Banyumanik harusnya 15mnt ini bisa sampe 2 jam luar biasa," jelas Dedik.

Selain itu, Dedi juga mendapati penumpukan kendaraan di area SPBU Km 429 Tol Japek akibat banyaknya kendaraan yang mengantre mengisi BBM jenis Pertalite. Lebih lanjut, dia menyarankan agar pemudik lain mengatur ulang waktu mudik.

"Tidak semua SPBU jual Pertalite. Jadi pasti terjadi penumpukan di SPBU yang jual Pertalite contoh kasus di Km 429 antre bisa di atas 1 jam untuk isi BBM di saat hampir rata-rata mobil kehabisan BBM dari Jakarta," pungkasnya.

detikcom mengajak para pembaca untuk ikut berkontribusi memberikan informasi dan foto kondisi lalu lintas maupun peristiwa yang ditemui saat dalam perjalanan mudik. Informasi dapat dikirimkan ke alamat e-mail redaksi@detik.com. Jangan lupa lampirkan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Simak juga Video: Curhat Pemudik Tempuh 7,5 Jam Perjalanan dari Bekasi ke Garut

[Gambas:Video 20detik]




(rak/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT