Pernyataan Lengkap Jokowi Buka Isi Telepon dengan Putin dan Zelensky

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 29 Apr 2022 16:55 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang secara resmi Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin ke KTT G20 pada November 2022. Jokowi mengedepankan tak ada perpecahan dalam KTT G20 nanti di Bali.

"Dalam konteks inilah maka dalam pembicaraan per telepon kemarin saya mengundang Presiden Zelensky untuk hadir dalam KTT G20, dan terakhir perbincangan per telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Rusia memberikan update mengenai situasi di Ukraina, termasuk proses negosiasi yang terus berlangsung antara Rusia dan Ukraina," kata Jokowi di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (29/4/2022).

Jokowi menekankan pentingnya perang Ukraina dan Rusia segara diakhiri. Jokowi juga menekankan solusi damai dapat terus dikedepankan serta Indonesia siap berkontribusi untuk upaya damai tersebut.

"Dalam kesempatan tersebut, Presiden Putin menyampaikan terima kasih atas undangan KTT G20 dan beliau menyatakan akan hadir," ujar Jokowi.

Gelaran pertemuan tingkat tinggi di Pulau Dewata nanti, kata Jokowi, Indonesia ingin menyatukan seluruh elemen. Kondisi stabil menjadi unsur utama pembangunan menurut Jokowi.

"Sebagai penutup, saya ingin menekankan bahwa Indonesia ingin menyatukan G20, jangan sampai ada perpecahan, perdamaian dan stabilitas adalah kunci bagi pemulihan dan pembangunan ekonomi dunia," imbuhnya.

Tonton video 'Jokowi Telepon Putin, Bahas Apa?':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: