Jokowi Resmi Undang Presiden Ukraina ke KTT G20 Bali

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 29 Apr 2022 16:05 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke KTT G20 Bali. Jokowi menyampaikan undangan tersebut saat menelepon Zelensky beberapa waktu lalu.

"Dalam pembicaraan per telepon kemarin, saya mengundang Presiden Zelensky untuk hadir di KTT G20," kata Jokowi dalam pernyataan pers, Jumat (29/4/2022).

Jokowi lantas berbicara mengenai peran G20 dalam pemulihan ekonomi dunia. Ada dua hal, menurut Jokowi, yang memiliki pengaruh besar terhadap pemulihan ekonomi global.

"Kita paham bahwa G20 memiliki peran sebagai katalisator dalam pemulihan ekonomi dunia, dan kalau kita bicara mengenai pemulihan ekonomi dunia maka terdapat dua hal besar yang mempengaruhi saat ini, pertama pandemi COVID-19 dan yang kedua perang di Ukraina," ujar Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan harapan agar perang diakhiri. Selain itu, negosiasi perdamaian selalu diberi ruang.

"Saya sampaikan mengenai harapan agar perang dapat segera dihentikan dan solusi damai melalui perundingan dapat dikedepankan," ujar Jokowi.

Kabar komunikasi Zelensky dan Jokowi juga sebelumnya terungkap lewat cuitan akun Twitter Zelensky. Awalnya Zelensky menyampaikan terima kasih atas dukungan kedaulatan dan integritas, khususnya posisi di PBB.

"Sempat berbincang dengan Presiden Jokowi. Terima kasih atas dukungan kedaulatan dan integritas teritorial, khususnya untuk posisi yang jelas di PBB. Isu ketahanan pangan dibahas," tulis Zelensky dalam cuitannya, seperti dikutip, Rabu (27/4).

Zelensky kemudian menyatakan diundang untuk menghadiri G20 di Indonesia. Zelensky menyampaikan terima kasih kepada Jokowi.

"Terima kasih telah mengundang saya ke G20," katanya.

Tonton video 'Jokowi Telepon Putin, Bahas Apa?':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/idn)