Kisah Heri Tak Jadi Pulang Kampung Gegara Gagal Ikut Mudik Gratis

ADVERTISEMENT

Kisah Heri Tak Jadi Pulang Kampung Gegara Gagal Ikut Mudik Gratis

Khairul Ma'arif - detikNews
Kamis, 28 Apr 2022 13:53 WIB
Heri, warga Jakarta Barat yang gagal ikut mudik gratis.
Heri, warga Jakarta Barat yang gagal ikut mudik gratis. (Khairul Ma'arif/detikcom)
Tangerang -

Sebanyak 80 bus mudik gratis yang membawa hampir 3.000 penumpang diberangkatkan secara simbolis dari Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang. Di tengah kemeriahan acara pelepasan warga yang mudik gratis, terselip cerita Heri yang gagal mudik gratis.

Pria 55 tahun itu menceritakan sebelumnya dia melakukan pendaftaran secara online. Namun dia mengaku tak tahu ada tahapan verifikasi peserta mudik gratis secara offline di kantor Dinas Perhubungan Kota Tangerang setelah pendaftaran online, sehingga dia tak melakukan verifikasi ulang data peserta mudik gratis.

"Saya daftar (ulang) di sini, kok tidak bisa. Tadi daftarnya online, saya tidak tahu (ada tahap verifikasi)," kata warga Jakarta Barat itu kepada wartawan di Terminal Poris Plawad, Kamis (28/4/2022).

"(Daftar) dari online, sebelum kan sudah ada pengumuman pendaftaran, terus saya terus daftar saja online lewat HP. Kirain langsung begitu saja, langsung bisa ke sini. Tidak tahunya saya ke sini tidak bisa," tambah pria yang sehari-hari bekerja sebagai buruh itu.

Padahal Heri, yang rindu pulang ke Semarang, Jawa Tengah (Jateng), pagi tadi sudah antusias mengikuti mudik gratis. Dia mengaku memang sering ikut program mudik gratis.

Namun, sejak pandemi COVID-19, dia tak pulang kampung karena ketatnya syarat mudik pada 2020 dan 2021.

"Kan pemerintah mengadakan mudik lagi karena sudah dua tahun yang lalu tidak mudik. Mau mudik lagi malah tidak bisa," lirihnya.

Heri menjelaskan dia sering menjadi peserta mudik gratis lantaran ingin menengok kampung halaman, namun kondisi ekonominya pas-pasan. Heri berharap dia masih bisa mengikuti mudik gratis tahun ini.

Mudik gratis di Terminal Poris (Khairul Ma'arif/detikcom)Mudik gratis di Terminal Poris (Khairul Ma'arif/detikcom)

"Memang niatnya mau pulang. Sudah setahun tidak pulang ketemu keluarga. Justru uangnya cupet (kurang mencukupi), makanya ingin gratis kan ya mengingat uangnya pas-pasan saya," tuturnya.

"Ya ingin sih tetap bisa ikut mudik gratislah kalau bisa. Saya menunggu gimana caranya saya bisa gratis gitu," harapnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Pemprov Jatim Berangkatkan 3.000 Peserta Mudik Gratis':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT