Layanan Samsat DKI Jakarta Tutup Selama Libur Lebaran, Buka Lagi 9 Mei

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 28 Apr 2022 11:21 WIB
Samsat Jakarta Selatan
Kantor Samsat Jakarta Selatan (Kanavino/detikcom)
Jakarta -

Layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) melalui kantor Samsat, Gerai Samsat, dan Samsat Keliling tutup selama cuti bersama dan libur Lebaran 2022. Pelayanan baru dibuka lagi pada 9 Mei 2022.

"Informasi terpadu pelayanan Samsat mulai dari 29 April 2022-6 Mei 2022 tutup, buka kembali 9 Mei 2022," demikian informasi yang dilihat di akun Instagram Bapenda DKI Jakarta, @humaspajakjakarta, seperti dilihat Kamis (28/4/2022).

Dikonfirmasi terpisah, Humas Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta Herlina Ayu mengatakan masyarakat yang pajak kendaraannya jatuh tempo selama hari libur masih bisa membayar pajak via aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL).

"Namun pada saat jatuh tempo di hari libur pun WP (Wajib Pajak) bisa membayarkan PKB-nya via SIGNAL," kata Ayu saat dikonfirmasi.

Di sisi lain, Herlina menuturkan pajak kendaraan yang jatuh tempo pada hari libur tidak akan dikenai denda apabila dibayarkan pada hari kerja berikutnya. Hal ini sesuai dengan ketentuan berlaku.

"Kalau dari sisi perpajakan, dari kami apabila jatuh tempo di hari libur, pada saat pembayaran di hari kerja berikutnya sanksi akan otomatis terhapus ya," jelasnya.

(taa/mea)