Situasi Tol Cikampek Siang Ini: Masih Bebas Gage, Layang MBZ Ditutup

ADVERTISEMENT

Situasi Tol Cikampek Siang Ini: Masih Bebas Gage, Layang MBZ Ditutup

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 28 Apr 2022 10:52 WIB
Jakarta -

Jalan Tol Jakarta-Cikampek siang ini masih bebas dari ganjil-genap. Sedangkan jalan tol layang MBZ saat ini per pukul 10.35 WIB masih diberlakukan penutupan.

Penutupan lalu lintas di jalan tol layang MBZ diberlakukan karena kondisi kemacetan di Km 48-70 Tol Jakarta-Cikampek. Kemacetan terjadi akibat adanya lonjakan arus mudik yang terjadi sejak tadi malam.

Pantauan detikcom di Km 10 Tol Japek, Kamis (28/4/2022), pukul 10.23 WIB, kendaraan tidak diperkenankan melintasi tol layang MBZ. Petugas kepolisian hingga Dishub berjaga di lokasi.

Papan informasi terpasang di pinggir jalan. Papan itu berisi pesan 'Sementara Ditutup Dialihkan ke Japek Bawah'.

Tol Layang MBZ ditutup Kamis (28/4/2022) siang iniTol Layang MBZ ditutup Kamis (28/4/2022) siang ini. (Yogi Ernes/detikcom)

Tol Layang MBZ Berlaku Buka-Tutup

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo sebelumnya mengatakan tol elevated memang telah ditutup sejak pukul 08.15 WIB pagi ini. Hal itu menyusul kemacetan parah selepas Km 47 Tol Cikampek sejak malam tadi.

"(Tol elevated ditutup) sampai cair lalinnya intinya. Atas ini dihabisin dulu jika sudah lancar baru kita buka," kata Sambodo.

Kemacetan memang masih terjadi di Km 48-70 Tol Japek. Kemacetan itu imbas lonjakan jumlah pemudik yang melakukan perjalanan saat tengah malam hingga selepas sahur tadi.

"Sejak tadi malam sudah ada peningkatan volume arus kendaraan yang cukup signifikan dari arah Jakarta menuju ke arah timur sehingga sejak tadi malam sampai tadi pagi terjadi kepadatan mulai dari Km 48.500 Cikampek," jelas Sambodo.

"Tapi informasi terakhir setelah Km 80 kecepatan mulai meningkat bisa 40 sampai 60 Km/jam. Di antara Km 48 sampai Km 70 yang sekarang masih arusnya padat," tambahnya.

Sementara itu, arus lalu lintas di Km 10 Tol Jakarta-Cikampek saat ini masih terpantau lancar. Tidak ada kepadatan lalu lintas yang terjadi di lokasi.

Baca di halaman selanjutnya: jadwal dan lokasi ganjil genap di Tol Jakarta-Cikampek.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT