ADVERTISEMENT

Wakapolri Tinjau Arus Mudik di Tol Japek: Pemudik Naik 89% di GT Cikatama

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 13:42 WIB
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono tinjau kesiapan pengamanan mudik di Tol Japek
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono tinjau kesiapan pengamanan mudik di Tol Japek. (Yogi/detikcom)
Bekasi -

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono hari ini meninjau arus mudik Km 29 Tol Jakarta Cikampek. Gatot datang untuk meninjau kesiapan pengamanan mudik di jalur Tol Cikampek yang dilakukan jajaran Polda Metro Jaya.

"Hari ini untuk melihat kesiapan daripada Polda Metro melakukan kegiatan pengamanan Lebaran tahun 2022. Tadi sudah dijelaskan oleh Pak Wakapolda dan Dirlantas langkah-langkah terkait pengamanan untuk takbiran dan pengamanan pada saat Lebaran itu sendiri," kata Gatot di Km 29 Tol Japek, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Rabu (27/4/2022).

Gatot mengatakan semua langkah pengamanan, dari lalu lintas hingga mencegah kriminalitas, telah disiapkan. Dia meminta jajaran melakukan pengamanan mudik dengan betul-betul agar mudik berjalan man dan lancar.

Dalam tinjauannya ini, Gatot menyoroti kenaikan pemudik dari Jakarta yang melintas di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama). Ada kenaikan 89 persen pemudik yang terjadi hari ini.

"Tadi paparan dari Dirlantas untuk hari ini saja sudah terjadi peningkatan jumlah kendaraan itu hampir 89 persen meningkat dibandingkan hari kemarin. Ini tentunya meningkat terus dan tentu kita harus menyiapkan pengamanan yang optimal," katanya.

Lebih lanjut Gatot juga mengimbau para pemudik menjadikan kendaraan roda dua sebagai pilihan terakhir untuk mudik. Masyarakat diminta menggunakan kendaraan umum saat mudik.

"Saya juga imbau untuk pengendara roda dua supaya mereka kalau bisa naik kendaraan umum atau kapal yang disiapkan bawa roda duanya atau kereta api, gunakan ini yang pertama kali. Kalau ini sudah penuh terpaksa membawa kendaraan roda duanya tolong perhatikan keselamatannya," papar Gatot.

"Jangan bawa barang-barang yang penuh di kendaraan. Ada anak di depan, ada anak di belakang itu jangan sampai terjadi. Itu hanya muat dua orang. Naik roda dua kalau sudah terpaksa kalau bisa naik kendaraan umum itu lebih aman, lebih nyaman," tambahnya.

Baca di halaman selanjutnya: kenaikan pemudik di GT Cikatama.

Simak Video 'Jelang Lebaran, Lebih Dari 700 Ribu Kendaraan Telah Tinggalkan Jabotabek':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT