ADVERTISEMENT

One Way Dimulai Besok, Menhub Imbau Pemudik dari Jateng Berangkat Hari Ini

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 12:58 WIB
Menhub Budi Karya (Anggi-detikcom)
Menhub Budi Karya (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Ganjil-genap serta one way mudik di tol dari arah Jabodetabek akan dimulai besok. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan one way dan ganjil-genap bakal berlaku empat hari.

"Jadi kami sampaikan bahwa hasil dari apa yang kami sampaikan kepada presiden itu akan kita berlakukan mulai 28, 29, 30 April dan 1 Mei, jadi empat hari dan itu akan kita lakukan," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Stasiun Pasar Senen, Rabu (27/4/2022).

Budi mengimbau pemudik dari arah Jawa Tengah (Jateng) yang hendak mengarah ke Jabodetabek berangkat hari ini. Dia mengatakan para pemudik dari arah Jateng disarankan mudik hari ini agar terhindar dari one way dan ganjil-genap di tol dari Jabodetabek menuju arah Jateng.

"Oleh karenanya, kalau bagi mereka mereka yang dari Jawa Tengah, lakukan perjalanan hari ini karena besok yang satu arah. Satu arah dan ganjil-genap. Jadi lakukan hari ini karena ada pertanyaan 'bagaimana mereka-mereka yang dari Jateng?'. Lakukan hari ini," katanya.

Dia mengimbau masyarakat mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Menurutnya, masyarakat dapat menyesuaikan keberangkatan dengan tanggal dan pelat mobil masing-masing.

"Kita akan lakukan itu, kalau pun itu ikuti skema ganjil genapnya jadi yang berpelat mobil genap ikuti hari yang genap atau yang ganjil pada hari yang ganjil," katanya.

Budi mengatakan ganjil-genap akan dilakukan dari pukul 07.00 hingga 24.00 WIB. Sedangkan pada pukul 24.00-07.00 WIB, arus lalu lintas di tol bakal dibuka dua arah.

"Memang kita membuka ruang karena perjalanan itu kita lakukan dari jam 07.00 sampai jam 24.00, lalu nanti ada satu pergerakan dua arus yang dilakukan setelah dari jam 24.00 sampai jam 07.00 paginya," tuturnya.

(haf/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT