Menhub Imbau Pemudik Patuhi Aturan Ganjil Genap di Tol

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 12:51 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Uji coba rekayasa lalu lintas ganjil genap (gage) di Tol Cikampek memasuki hari terakhir. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan penerapan gage ini baru pertama kali dilaksanakan tahun ini, sehingga bukan hal yang mudah.

"Simulasi yang kita lakukan memang harus kita lakukan karena dua hal, kita ingin bahwa petugas kita itu terbiasa, dengn melakukan one way dan gage, karena itu bukan pekerjaan yang tidak mudah dan gage dilakukan pertama kali tahun ini. Di evaluasi di situ, diminta agar pemilahan ganjil genap tidak di jalan tetapi di gate," kata Budi di Stasiun Pasar Senen, Rabu (27/4/2022).

"Dan yang kedua ada diskusi kami kemarin diskusi lebih dari satu jam tentang apa yang dibahas. Bagaimana itu dilakukan dan saya mengapresiasi Polri melakukan perencanaan dengan baik kemarin Dirlantas menyampaikan juga dukungan dari Pangdam bahwa perencanaan ini bagus sekali," lanjutnya.

Menurutnya, hal yang paling penting dari evaluasi tersebut adalah komunikasi. Selain itu, dia berharap masyarakat dapat mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah terkait ganjil genap.

"Kedua komunikasi harus dilakukan dengan baik melalui media-media, terima kasih. Ketiga kita mengharapkan juga para pemudik ini mengerti tentang apa yang kita atur lalu mengikuti, jadi ya kalau mau berangkat malam ya jangan datang pagi, atau kalau punya mobil ganjil jangan pas genap," katanya.

Dia juga mengimbau sebelum melakukan perjalanan, masyarakat diminta untuk mecari-cari informasi terlebih dahulu. Hal itu agar mengetahui aturan-aturan yang telah ditetapkan.

"Saya imbau mereka yang akan mudik, baca atau tontonlah Tv atau bacalah online, koran, bacalah informasi tentang apa-apa yang menjadi aturan yang sudah ditetapkan, untuk mengetahui apa yang kita lakukan ini bukan serta merta begitu saja, tetapi kita mulai dari riset, kita lakukan simulasi uji coba dan ini bukan dilakukan saya saja, tetapi ajak Polri, Kakorlantas untuk bicara apa yang dilakukan dilakukan sesuai dengan kesepakatan bersama," katanya.

Lebih lanjut, Menhub menunjuk Dirlantas dari semua Polda menjadi ketua di lapangan. Dia memberikan kepercayaan penuh kepada mereka untuk mengambil keputusan apa saja yang diperlukan.

"Saya informasikan untuk di lapangan kepala kelasnya adalah Polri, jadi Dirlantas Polda Metro Jaya, Dirlantas Polda Jabar menjadi mereka yang mengambil keputusan apakah rekayasa lalin itu dilakukan satu dua tiga atau ditambah lagi dengan yang lain, itu kita kasih diskresi agar manajemen traffic ini dikendalikan oleh Polri," tuturnya.

Lihat video saat 'Uji Coba Gage di Tol Cikampek Kembali Berlaku, Kali Ini Sampai KM 188':

[Gambas:Video 20detik]



(yld/yld)