Ingat! Pelanggar Gage Saat Mudik Tak Ditilang, tapi Bakal 'Diusir' dari Tol

Wildan Noviansah - detikNews
Senin, 25 Apr 2022 21:33 WIB
Polisi memberlakukan uji coba ganjil genap di Tol Cikampek. Upaya tersebut bertujuan untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas kendaraan saat mudik Lebaran 2022.
Uji coba ganjil-genap mudik di tol. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengingatkan pemudik yang melanggar aturan ganjil-genap (gage) akan dikeluarkan dari tol. Firman menekankan kebijakan mengeluarkan pelanggar gage dari tol bukan bermaksud melarang mudik.

"Iya (pelanggar gage diarahkan ke jalur arteri). Jadi mereka tidak kita larang untuk mudik," kata Firman kepada wartawan, Senin (25/4/2022).

Firman mengingatkan calon pemudik untuk menyesuaikan plat nomor kendaraan pribadi yang pakai dengan tanggal berangkat mudik. Dia kembali menyampaikan pelanggar gage di tol saat mudik akan diarahkan ke jalur arteri.

"Saat itu jalur tol sedang kita gunakan untuk yang ganjil, genap, sesuai harinya. Yang lain silakan, tapi lewat arteri," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, uji coba sistem ganjil-genap mudik digelar siang tadi di Km 47 Tol Cikampek. Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi mengatakan kendaraan yang memiliki nomor polisi genap akan dialihkan ke jalur arteri menuju Jalan Internasional Karawang Barat untuk keluar tol. Sedangkan kendaraan dengan nomor polisi ganjil bisa melanjutkan perjalanan.

"Yang tidak sesuai akan kita alihkan arusnya untuk melewati jalur arteri yang sudah disiapkan. Karena ini uji coba, yang bisa melewati nanti di Km 47 itu hanya kendaraan yang sekarang tanggal ganjil, berarti pelat nomornya harus ganjil. Yang genap kita arahkan arus nya melalui jalur arteri," jelasnya.

Uji coba hari ini dilakukan dari pukul 11.00-13.00 WIB siang tadi. Cakupan uji coba hari ini sampai gerbang tol Cikampek Utama.

Simak video 'Uji Coba Ganjil Genap di Tol Cikampek, Arus Lalu Lintas Tersendat':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/zak)