Menhub: Jangan Mudik Pakai Motor, Sangat Berbahaya!

Wildan Noviansah - detikNews
Selasa, 26 Apr 2022 19:36 WIB
Jakarta -

Puncak arus mudik lebaran 2022 diperkirakan akan terjadi pada 28-30 April 2022 mendatang. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat agar tidak mudik memakai sepeda motor.

"Sepeda motor ini memang satu hal yang memang sangat berbahaya. saya tidak bermaksud apa-apa, diimbau sekiranya jangan menggunakan sepeda motor," kata Budi di Km 57, Selasa (26/4/2022).

Sebelumnya, pada Senin (25/4) dalam acara talk show di Command Center PJR di Km 29 Tol Cikampek budi juga mengatakan hal yang sama. Budi mengatakan, dari sebaran data yang ada, kecelakaan motor dinilai cukup tinggi.

"Motor adalah satu kendaraan yang tidak aman ketiak digunakan jarak jauh, dari data angka kecelakaan tinggi sekali," kata dia.

Dia mengimbau masyarakat untuk menghindari mudik dengan motor. Terlebih bagi masyarakat yang akan menempuh jarak cukup jauh.

"Kita mengimbau berulang-ulang seyogianya tidak pulang dengan motor karena risikonya tinggi, apalagi sampai Semarang atau Surabaya dan sebagainya," kata dia.

"Bayangkan kita berjalan kalau masih 50 km masih oke. Tapi ini 300 km bahkan lebih dari itu. Memang kita tidak menyarankan untuk mudik menggunakan motor," sambungnya.

Sebagai antisipasi, pihaknya meminta masyarakat mengikuti program mudik motor gratis yang sudah disediakan pemerintah.

"Kami bersama kepolisian dan beberapa pihak menyediakan mudik motor gratis. Jadi orangnya naik bus, motornya naik truk. Mereka bayar kereta api, motornya gratis. Di kapal kita sediakan besok tanggal 26-29 (April) juga gratis juga. Jadi ikuti program itu masih tersedia," pungkasnya.

(zap/zap)