Divonis Hukuman Mati, Herry Wirawan Ajukan Kasasi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 26 Apr 2022 13:34 WIB
Penjara seumur hidup artinya apa? Pertanyaan ini muncul setelah Herry Wirawan divonis penjara seumur hidup dalam kasus pemerkosaan 13 santri.
Herry Wirawan (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Terpidana mati di kasus pemerkosaan 13 santriwati Herry Wirawan melakukan 'perlawanan'. Herry Wirawan mengajukan kasasi atas putusan hukuman mati yang diberikan hakim tinggi Pengadilan Tinggi Bandung.

"Iya (kasasi)," ujar Ira Mambo, kuasa hukum Herry Wirawan, kepada detikJabar, Selasa (26/4/2022).

Ira mengatakan pengajuan kasasi itu sudah disetujui oleh Herrry Wirawan. Menurutnya, saat salinan putusan diterima kuasa hukum, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Herry Wirawan, yang saat ini mendekam di Rutan Bandung.

"Pertimbangannya upaya hukum," katanya.

Ira menyebut pengajuan kasasi yang dilayangkan Herry Wirawan ini bukan hanya untuk meminta hukumannya diringankan. Kasasi diajukan untuk memperkuat putusan pada tingkat pertama atau tingkat kedua (banding).

"Ketika kasasi itu beliau (hakim) memutus di luar putusan tingkat pertama atau kedua, kan pertama seumur hidup, kedua mati, dan restitusi. Nah, nanti kasasi ini misalnya lebih rendah atau lebih tinggi, jadi istilahnya menguatkan banding atau PN, atau dia bikin putusan sendiri. Nah, itu kewenangan hakim sendiri, jadi tidak meminta hukumannya diringankan," imbuh Ira.

Simak selengkapnya di sini.

Saksikan juga 'PKS Apresiasi Vonis Mati Herry Wirawan Pemerkosa 13 Santri':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/idh)