Menteri LHK Cek Pengelolaan Sampah Stasiun-Pelabuhan Jelang Arus Mudik

Atta Kharisma - detikNews
Selasa, 26 Apr 2022 13:18 WIB
Menteri LHK Cek Stasiun Pasar Senen
Foto: KLHK
Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya melakukan kunjungan kerja ke Stasiun Pasar Senen dan Pelabuhan Tanjung Priok. Kunker ini bermaksud untuk meninjau proses penanganan sampah di kedua tempat tersebut dalam rangka mudik lebaran.

Pada kunjungannya ke Stasiun Pasar Senen, Siti bersama rombongan disambut oleh Dirjen Perkeretaapian, Kadis LH Prov DKI Jakarta, Kepala Stasiun Kereta Api Senen dan jajaran. Dirjen Perkeretaapian Zulfikri pun menjelaskan kepada Siti prosedur penanganan sampah yang diusung Stasiun Pasar Senen dalam rangka mendukung gerakan 'Mudik Minim Sampah'.

Guna menampung dan mengelola sampah dari para peserta mudik, Zulfikri menjelaskan pihaknya telah menyediakan tempat sampah tematik di sejumlah titik di Stasiun Pasar Senen. Selain itu, disediakan pula gerobak sampah terpilah guna mempermudah proses penjemputan dan pemilahan sampah.

Siti kemudian melanjutkan tinjauannya ke Pelabuhan Tanjung Priok. Di sana, Siti dan rombongan dibuat takjub oleh proses penanganan sampah yang tidak hanya sebatas pada pengumpulan sampah di terminal dan area perkantoran, tapi juga meliputi kegiatan pembersihan kolam, kawasan daratan Pelabuhan Tanjung Priok hingga pengangkutan residu sampah ke TPA untuk dipilah oleh Bank Sampah.

Melihat kesiapan tersebut, Siti menyampaikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh pihak Pelabuhan Tanjung Priok dalam memastikan masyarakat dapat melakukan mudik dengan aman dan sehat.

"Kita itu tidak mudah waktu itu menyiapkan yang seperti ini. Ini sudah siapkan sejak tahun 2016, cukup lumayan mempersiapkan mulai dari model dan lain-lain. Kalau yang kita lihat sekarang di Tanjung Priok ini sudah jauh, jauh lebih bagus," tutur Siti dalam keterangannya, Selasa (26/4/2022).

Di kedua lokasi, Siti melakukan penyerahan simbolis tempat sampah tematik dan gerobak sampah terpilah bersama Kepala Stasiun Kereta Api Senen dan Kepala Pelabuhan Tanjung Priok. Ia juga menyempatkan diri menyapa dan berbincang dengan warga yang hendak melakukan mudik.

Tinjauan Menteri LHK ke Stasiun Pasar Senen dan Pelabuhan Tanjung Priok ini merupakan bagian dari rangkaian gerakan 'Mudik Minim Sampah' untuk memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengurangan dan penanganan sampah guna mengurangi timbulan sampah.

Selain itu, gerakan ini juga bertujuan memperkuat partisipasi publik serta peran aktif pelaku usaha/produsen dalam upaya pengurangan sampah mudik. Selanjutnya, survei lapangan akan dilakukan di Terminal Kampung Rambutan, Pelabuhan Penyeberangan Merak, Rest Area Km 57 (arah Cikampek) dan Rest Area Km 62 (arah Jakarta). (ncm/ega)