Kata KAI soal Lintasan Tak Berpalang Saat Kecelakaan Maut Brio Vs KA Sancaka

Tim detikcom - detikNews
Senin, 25 Apr 2022 15:50 WIB
mobil tertabrak kereta api
Mobil tertabrak kereta api. (Dok. Command Center 112)
Surabaya -

Kecelakaan Honda Brio yang tertabrak kereta api di perlintasan tak berpalang pintu di Kebonsari, Jambangan, Surabaya, Jawa Timur, menyebabkan tiga orang tewas. Kecelakaan terjadi diduga karena pengemudi Brio nekat menerabas perlintasan.

Dilansir detikJatim, Manajer Humas KAI DAOP 8 Luqman Arif mengatakan, kecelakaan itu melibatkan KA Sancaka tambahan relasi Surabaya-Yogyakarta pada hari Minggu (24/4/2022), sekitar pukul 23.09 WIB. Tepatnya di antara Stasiun Sepanjang-Stasiun Wonokromo.

Akibat kejadian tersebut, lokomotif KA Sancaka mengalami kerusakan dan diganti dengan lokomotif pengganti. "Karena tidak layak jalan, jadi lokomotifnya diganti," kata Luqman saat dihubungi detikJatim, Senin (25/4/2022).

Meski tak berpalang pintu, Luqman mengatakan, perlintasan tersebut dijaga oleh sukarelawan. Saat itu perlintasan dijaga oleh Sukardi (47), warga Jalan Kebonsari, Jambangan.

"Iya, benar dijaga sukarelawan masyarakat," tutur Luqman.

Menurut dia, pengamanan perlintasan sebidang adalah kewenangan pemerintah daerah setempat. Dalam hal kasus adalah Dinas Perhubungan Sutabaya. "Iya, jadi kewenangan pemda setempat," pungkas Luqman.

Baca selengkapnya di sini.

(idh/dhn)