ADVERTISEMENT

Pemprov DKI Siapkan Tempat Tinggal Sementara untuk Korban Pasar Gembrong

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 25 Apr 2022 13:02 WIB
Kondisi Pasar Gembrong yang ludes terbakar (Wilda-detikcom)
Foto: Kondisi Pasar Gembrong yang ludes terbakar (Wilda-detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya akan menyiapkan tempat tinggal sementara untuk warga yang terdampak kebakaran di Pasar Gembrong, Jakarta Timur. Pihaknya juga akan menyiapkan kebutuhan sandang dan pangannya.

"Bagi warga disiapkan tempat tinggal sementara, seluruh kebutuhan dasarnya, makan minum, sandang siapkan sehingga warga bisa tetap tinggal sementara di sini tidak terlambat," kata Anies di Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Senin (25/4/2022).

Anies menerangkan saat ini warga sementara berada di tenda pengungsian. Nantinya, warga akan dipindahkan setelah shelter sementara sudah siap.

"Untuk sementara, warga akan berada di tenda-tenda pengungsian selagi Pemprov DKI menyiapkan shelter sementara," ujarnya.

Anies menyebut ada 200 KK yang terdampak kebakaran tersebut. Dia menyebut pihak Dukcapil juga akan mengganti dokumen-dokumen warga yang terbakar.

"Ada 200 KK (yang terdampak). Kemudian Dukcapil langsung menyiapkan untuk catatan kependudukan sehingga semua dokumen-dokumen yang terbakar akan bisa lansung disiapkan penggantinya, itu akan dibutuhkan dalam mereka mengurus berbagai urusan lainnya," kata Anies.

Diketahui, kebakaran hebat melanda Pasar Gembrong, Jakarta Timur. Pemadam Kebakaran mencatat jumlah korban jiwa yakni 450 KK atau sekitar 1.000 jiwa.

Kebakaran hebat itu menghanguskan 400 bangunan rumah dan pertokoan di 5 RT di RW 01. Dugaan sementara, kebakaran Pasar Gembrong disebabkan dari korsleting listrik yang berasal dari rumah warga.

(whn/zap)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT