ADVERTISEMENT

Cerita Pasar Gembrong Berubah setelah Kerusuhan 1998

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 25 Apr 2022 12:22 WIB
Pasar Gembrong
Foto: Pasar Gembrong (Danang Sugianto - detikcom)
Jakarta -

Pasar Gembrong, Jakarta Timur dilanda kebakaran hebat kemarin. Jika ditilik sejarahnya, Pasar Gembrong awalnya merupakan pasar sayur yang kemudian berubah menjadi pasar mainan.

Dikutip dari buku 'Jakarta Panduan Wisata Tanpa Mal' yang ditulis oleh Wieke Dwiharti, Pasar Gembrong terletak di Jalan Basuki Rachmat, Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Jatinegara. Awalnya, pasar ini di tahun 60-an adalah pasar sayuran. Pedagang sayur, daging dan kebutuhan sehari-hari berdagang di pasar tradisional ini.

Usai kerusuhan yang terjadi pada 1998, pasar ini perlahan berubah menjadi pasar mainan dan peralatan sekolah. Pasar ini tadinya tidak memiliki bangunan sendiri.

"Pada awalnya tahun 1960-an Pasar Gembrong ini hanya berada di dekat pintu masuk tol Prumpung/Pedati dan dihuni penjual sayuran, daging, dan lain-lain layaknya pasar tradisonal lainnya. Pada tahun 1998, setelah terjadi kerusuhan sehingga pada akhirnya pedagang menjual mainan anak dan alat tulis keperluan sekolah," tulisnya.

Para pedagang membuat kios semi permanen di luar bangunan pasar. Hal ini membuat para pembeli harus saling senggol ketika membeli dagangan di sekitar jalan yang kecil itu. Ini juga yang membuat kawasan ini selalu macet.

Selanjutnya, nama Pasar Gembrong sebagai pusat penjualan mainan makin terkenal. Banyak pedagang mainan yang menjual mobil-mobilan, rumah mini, boneka dan sebagainya. Lebih dari 80% mainan yang dijual di Pasar Gembrong adalah buatan China dan sisanya produk lokal.

Tahun 2010, Pasar Gembrong dibangun di lahan seluas 3.300 m2. Bangunan dua lantai itu muat untuk diisi 285 kios. Para pedagang yang tadinya di jalan kemudian mulai berpindah ke bangunan Pasar Gembrong yang baru.

Kebakaran yang melanda Pasar Gembrong ini bukan yang pertama. Menurut Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), kebakaran juga pernah melanda Pasar Gembrong pada tahun 2015 dan tahun 2017.

Bagaimana kebakaran yang terjadi kemarin? Silakan baca di halaman selanjutnya.

Simak Video: Kronologi Korsleting Rumah Warga Hingga Sebabkan Pasar Gembrong Terbakar

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT