Dugaan Aktor Intelektual di Balik Pengepul Uang Baru Rp 3,7 Miliar

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 24 Apr 2022 14:24 WIB
Uang baru di Mojokerto
Uang baru yang ditemukan di Exit Tol Mojokerto. (Enggran Eko Budianto/detikJatim)
Jakarta - JRS (31) dan kawan-kawan telah menjadi pengepul uang baru dari salah satu bank di Bandung sejak 2019. Kelompok pengepul asal Sidoarjo ini menjadi penyuplai besar jasa penukaran uang baru di Jatim yang marak menjelang Lebaran.

Polisi menduga mereka mempunyai pendana dan dikendalikan aktor intelektual. Polisi juga menduga uang baru ini bisa lebih dari Rp 5 miliar.

"Banyak komentar di media yang menanggapi dia ini (JRS dan kawan-kawan) pemain kecil, kasihan. Padahal bisa jadi dia hanya pemain, di atasnya ada pendananya, ada aktor intelektualnya. Bisa jadi lebih besar dari Rp 5 miliar itu. Karena yang ketahuan Rp 5 miliar," ungkap Kasat Reskrim Polres Mojokerto Kota, AKP Rizki Santoso kepada wartawan seperti dikutip dari detikJatim, Sabtu (23/4/2022).

Rizki menjelaskan, selama 4 tahun terakhir, mereka bekerja sama dengan oknum pegawai salah satu bank di Bandung, Jabar, agar bisa menukarkan uang baru berjumlah fantastis.

Tahun ini saja, pria asal Desa Kalitengah, Tanggulangin, Sidoarjo, dua kali mengambil uang baru dari sumber yang sama. Yaitu pada Maret lalu senilai Rp 570 juta dan Rp 5 miliar pada 7 April 2022.

"Tujuannya pemain besar ini sama, untuk dijual ke jasa penukaran uang baru di pinggir-pinggir jalan itu," jelasnya.

Silakan baca berita selengkapnya di sini.

Lihat juga Video: Nowela Sudah Kembalikan Uang Bayaran Manggung di Acara DNA Pro

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/imk)